Inggris Menjadi Negara Pertama yang Mengakui Parkour Sebagai Cabang Olahraga

Negeri Ratu Elizabeth, Inggris menjadi negara yang pertama kali secara resmi mengakui Parkour sebagai cabang olahraga. Pada hari Selasa (11/1) inggris telah menerima persetujuan dari empat dewan olahraga nasional.

“Pengakuan ini adalah langkah cemerlang terhadap suatu cabang olah raga, yang awalnya adalah permainan masa kecil dengan teman-teman saya 30 tahun yang lalu,” ungkap Sebastien Foucan, ketua Parkour UK, melalui pernyataan.

Parkour pada awalnya berasal dari Perancis pada tahun 1980-an. Pada saat itu kegiatan yang terdiri dari lompat akrobat di seputar gedung dan teras ini dikenal dengan sebutan Art du Deplacement. Sport England, Sport Scotland, Sport Wales, dan Sport Northern Ireland mengakui keberadaan parkour sebagai cabang olahraga.

parkour indonesia, jasa epoxy lantai

Sumber: Commons Wikimedia

Parkour UK resmi menjadi badan pengurus nasional setelah mendapat pengakuian dari empat lembaga olahraga tersebut. Dengan pengakuan tersebut, Parkour UK bisa mengajukan permintaan pendanaan serta permintaan dari negara untuk mendukung pengembangan cabang olahraga parkour.

Tracey Crouch selaku menteri olahraga Inggris mengatakn ia gembira dengan pengakuan tersebut.

“Saya ingin orang-orang keluar serta menemukan olah raga dan kegiatan fisik yang mereka sukai dan Parkour tentunya adalah salah satu pilihan yang seru, kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Sebastien Foucan memainkan parkour ketika berperan sebagai penajahat (Molakka) dalam film James Bond 2006 yang berjudul ‘Casino Royale’.

Hal yang menjadi sorotan media terkait parkour adalah kemungkinan menimbulkan bahaya dan antisosial, seperti pelanggaran dan perusakan properti pihak lain.

Namun, pengakuan sebagai cabang olahraga membuat Parkour lebih diawasi.

“Parkour atau lari bebas saat ini dilakukan di begitu banyak sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi dan universitas di seluruh wilayah Kerajaan Inggris,” kepala eksekutif Parkour UK Eugene Minogue mengatakan.

“Kami telah memiliki lebih dari 600 tenaga berkualitas, kami telah mengarahkan pembuatan standar Inggris, dan sekarang standar Eropa untuk peralatan Parkour. Sebagai hasilnya, sekarang ada lebih dari 50 Taman Parkour di seluruh Kerajaan Inggris.”

Sumber : Antara

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *