Inilah 10 Makanan yang Bisa Tingkatkan Stamina Saat Olah Raga

Pilihan bahan makanan dan minuman yang tepat bisa memaksimalkan manfaat dari olahraga. Makanan dan minuman yang tepat juga akan mengatasi berbagai risiko yang muncul saat beraktivitas fisik. Beberapa makanan sehat berikut ini tak hanya mendorong performa saat berolahraga namun juga bisa mendukung program diet Anda. Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang kami informasikan dibawah ini.

1. Kopi

Untuk anda yang punya masalah pencernaan, minumlah kopi satu jam sebelum latihan fisik. Untuk alternatif lain, teh hijau juga memberikan manfaat yang sama. Anda boleh menambah susu tapi hindari gula yang bisa menghilangkan manfaat kafein pada kopi.

2. Jahe
Setelah latihan fisik yang cukup berat, biasanya keluhan seperti nyeri otot akan muncul. Kalau rasa sakitnya semakin terasa, jahe bisa menjadi peredanya. Studi menunjukkan konsumsi setengah sendok teh tanaman herbal atau akar-akaran seperti jahe sehari setelah berolahraga berat akan mengurangi nyeri otot 25%. Jika anda menginginkan herbal instan yang mungkin anda butuhkan, anda bisa mengunjungi Green World Indonesia.

3. Apel
Buah apel mengandung kersetin yang bisa meningkatkan metabolisme energi yang berpengaruh pada daya tahan tubuh. Studi menunjukkan, suplemen dengan kandungan kersetin membantu pesepeda pemula meningkatkan performanya 13 persen lebih besar.

4. Jus tomat
Penelitian terbaru dalam jurnal nutrisi menyebutkan minum lima ons jus tomat selama lima minggu bisa mengurangi risiko kegiatan bersepeda yang intensitasnya tinggi. Kandungan antioksidan yang ada pada tomat membuat tubuh kembali segar dan bugar dan siap untuk bersepeda lagi keesokan harinya.

5. Sayuran hijau
Tak hanya dapat membantu diet, salad juga bisa membantu dalam pemulihan otot. Makan 3 ons sayuran hijau selama delapan minggu sebelum olahraga terbukti dapat mengurangi risiko kerusakan otot setelah latihan fisik. Sebuah riset penelitian menunjukkan jika sayuran hijau kaya nutrisi seperti beta karoten dan vitamin E sangat baik untuk otot dan bisa membantu dalam mempercepat pemulihan otot yang sakit.

6. Kismis
Sebuah universits di California mengadakan penelitian terhadap atlet yang berlari selama 80 menit. Salah satu pelari mengonsumsi 100 kalori kismis dan lainnya hanya minum air saja. Dari penelitina tersebut terbukti bahwa mereka yang makan kismis mampu berlari satu menit lebih cepat dibandingkan mereka yang hanya minum air putih. Buah kering yang satu ini mengandung karbohidrat yang memberikan tambahan asupan energi bagi tubuh.

7. Jus cherry

Peneliti di Inggris mengungkapkan bahwa atlet yang mengonsumsi konsentrat yang diambil dari buah cherry setiap hari selama seminggu akan membuat otot mereka dapat pulih lebih cepat setelah berolahraga. Anda bisa menerapkan kebiasaan baik ini, dengan rajin mengonsumsi jus cherry setiap pagi hari untuk penyegar tubuh anda.

8. Pisang
Beberapa orang suka mengonsumsi minuman yang berenergi sebelum berolahrga. Namun bagi Anda yang tidak menyukai rasa manis, Anda bisa menyuplai energi dengan buah pisang. Penelitian dari Appalachian State University menunjukkan konsumsi pisang bisa menambah asupan energi untuk membantu stamina dan performa saat berolahraga.

9. Umbi-umbian
Penelitian terbaru menemukan bahwa makan tujuh ons umbi panggang 75 menit sebelum olahraga dapat meningkatkan performa bagi seorang pelari. Dengan mengonsumsi umbi-umbian panggang seorang pelari dapat lari tiga persen lebih cepat di 5Km pertama, dan di beberapa meter terakhir mereka bisa lari lima persen lebih cepat.

10. Yogurt

Saat Anda merasakan otot terasa mulai melemah saat berolahraga, konsumsilah yogurt dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Kalau Anda menemukan yogurt Yunani, sebaiknya pilih yang ini karena memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan yogurt biasa pada umumnya. Untuk alternatif lain, anda bisa mengkonsumsi herbal di green-worldindonesia.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *