Macam – Macam Jenis Bahan Kertas Undangan Pernikahan

Ada banyak jenis kertas yang digunakan untuk membuat kartu undangan, namun kali ini kami akan berbagi info jenis kertas undangan yang paling umum digunakan. Apa saja jenis-jenis kertas bahan undangan tersebut? silahkan sobat simak ulasannya berikut :

1. Kertas Art Paper

Yang pertama akan saya bahas adalah kertas Art Paper. Kertas undangan ini memiliki permukaan yang licin dan semi doff. Selain untuk keperluan cetak undangan, jenis kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak  Majalah,  brosur, atau lainnya. Cetakan yang dihasilkan lebih bagus dibandingkan bila dicetak dengan menggunakan kertas HVS. Hal ini disebabkan karena rasternya halus dan juga tidak menyerap cat. Hingga diperoleh warna yang lebih solid. Terlebih jika dilaminating glossy/doff maka hasilnya akan terlihat lebih maksimal lagi. Lihat contoh kertasnya disini….

2. Kertas Art Carton

Kertas undangan Art Carton ini karakteristiknya hampir sama dengan kertas art paper. Yang membedakan kertas undangan Art Carton dengan Art Paper adalah tingkat ketebalannya.

3. Kertas Ivory

Kertas Undangan Ivory ini sama seperti Art Carton yang membedakannya Art Carton 2 sisi kertasnya licin namun kertas Ivory hanya 1 permukaannya saja yang licin. Jenis kertas undangan ini biasa digunakan untuk mencetak undangan yang full colour. Selain itu jenis kertas ini juga bisa digunakan untuk mencetak Paper Bag dan juga Box Cosmetic karena kertas ini memiliki ketebalan yang cukup dan juga memiliki sifat kokoh.

4. Kertas Jasmine

Kertas undangan yang satu ini paling banyak atau sangat umum digunakan untuk cetak undangan. Kertas ini memiliki gliter-gliter berwarna yang memberikan kesan mewah pada undangan. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak digunakan untuk jenis undangan kelas mewah. Kertas ini memiliki banyak jenis warna diantaranya ada warna krem, abu-abu, putih, biru muda, pink, ungu, kuning, dan lain-lain. Dan gramatur pada umumnya banyak memiliki dua jenis yaitu tebal dan tipis.

5. Kertas BW/BC/Linen/Concord

Jenis kertas ini memiliki permukaan berteksture beragam. Biasanya juga digunakan untuk mencetak Kartu Nama, Kop Surat atau lainnya. Jenis kertas ini juga memiliki beragam pilihan warna.

6. Kertas Mecy Paper

Jenis kertas ini berteksture dan memiliki sedikit gliter. Ada beberapa jenis pilihan warna, Gramaturenya seperti kertas jasmine tipis dan tebal. kartuundangannikah.com

7. Kertas Blanko Undangan

Kertas undangan blanko adalah kertas undangan yang sudah ada motif dan desainnya. Tapi kertas blanko ini belum ada teksnya, jadi butuh beberapa proses lagi diantaranya printing, packing, dan juga labeling.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *