Tips Fisik Jelang Ibadah Umroh dan Haji

Siapa yang tidak ingin pergi ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh? Setiap muslim pasti memiliki keinginan untuk pergi kesana. Namun tahukah anda bahwa ibadah umroh dan haji adalah ibadah yang membutuhkan tenaga dan stamina tubuh? (biaya umroh)

Belum lagi suhu udara di Mekkah yang terkenal panas dan terik, apalagi iklim di Mekkah yang berbeda dengan negara kita Indonesia. Akan sangat rugi bila anda tidak menyiapkan fisik menjelang keberangkatan anda ke tanah suci. Oleh karena itu saya sudah menulis beberapa tips yang berguna untuk merawat fisik anda agar siap untuk ibadah nantinya. www.alhijazwisata.com

  • Rutin Olahraga
    Anda wajib rutin berolahraga setidaknya satu bulan sebelum keberangkatan anda ke tanah suci untuk mempersiapkan fisik anda. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat, yang penting adalah anda mampu untuk melakukan olahraga ini saat pagi setiap harinya. Contoh olahraga ringan tersebut adalah jalan kaki. Ya, jalan kaki. Kebanyakan ibadah di tanah suci nantinya akan berkaitan dengan jalan kaki.
  • Vaksinasi Influenza dan Meninghitis
    Influenza dan Meninghitis adalah penyakit yang tersebar melalui virus. Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi telah mewajibkan vaksin untuk dua penyakit tersebut untuk seluruh jamaah tidak peduli dari mana mereka berasal sejak tahun 2002. Anda bisa melakukannya bandara-bandara yang sudah menyiapkan klinik khusus vaksinasi.
  • Pemeriksaan Rutin & Menyeluruh
    Ini sangat penting ketika anda hendak pergi untuk menjalani ibadah umroh maupun ibadah haji. Beberapa orang mungkin meremehkan kegiatan yang satu ini. Tapi kegiatan yang satu ini amatlah penting dilakukan untuk mengetahui kesehatan tubuh anda ketika menjalani ibadah umroh nantinya.
  • Tinggalkan Kebiasaan Tidak Sehat
    Bila anda merokok, maka bersiaplah untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Karena di Mekkah, sudah tercantum larangan keras untuk merokok. Bila anda nekat untuk melakukannya maka polisi akan memberi hukuman dengan membayar dengan yang telah ditetapkan. Tentunya anda tidak mau bahwa ini sampai terjadi kepada anda bukan? Sudah susah payah untuk mempersiapkan fisik dan biaya untuk umroh tapi malah kena denda karena merokok.
  • Kurangi Makanan Instan
    Anda juga harus mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan instan seperti mi instan. Selain buruk bagi pencernaan makanan instan juga mengandung zat-zat yang tidak baik bagi tubuh. Bila anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan maka ini akan berakibat tubuh anda menjadi tidak sehat menjelang hari keberangkatan tiba.

Menjaga kesehatan sebelum pergi beribadah ke Tanah Suci memang amat penting. Selain karena cuaca dan iklim disana sangat ekstrim dan berbeda, ribuan orang dari seluruh dunia juga hadir disana untuk turut melaksanakan ibadah yang sama dengan anda. Oleh karena itu anda wajib menjaga kesehatan fisik dan mental agar ibadah umroh anda tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak perlu.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *