Nutrisi Terbaik Bagi Para Olahragawan

Berikut ini ialah beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh secara khusus para olahragawan.

Karbohidrat

Karbohidrat yakni nutrisi penyedia tenaga bagi tubuh, karbohidrat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan juga berfungsi untuk mengisi \’tangki bahan bakar\’ tubuh ialah glikogen hati dan glikogen otot. Dikala makan utama (sarapan,makan siang dan malam), untuk mengisi energi dan menjaga kesehatan, pilih karbohidrat bernilai GI rendah sebagai makanan utama. Sebagai makanan ringan ringan, serta nutrisi dikala dan setelah selesai berolahraga, pilih karbohidrat bernilai GI moderat-tinggi yang relatif mudah dicerna untuk mencegah hipoglikemia dan juga untuk mempercepat pengisian kembali kekuatan ke dalam tubuh (glycogen resynthesis) supaya badan tidak terlalu lemas.

Lemak Sehat

Lemak juga berfungsi dalam peresapan dan mengangkut vitamin-vitamin larut lemak seperti vitamin A,D,E dan K. Selain itu lemak juga berfungsi dalam menjaga dan mengatur kerja hormon tubuh. Pola makan lemak yang baik bagi kesehatan tubuh penggiat olahraga yakni mengurangi konsumsi lemak jenuh (saturated) dan meningkatkan konsumsi lemak tidak jenuh (unsaturated) secara khusus yang kaya akan Omega-3. Konsumsi lemak Omega-3 sekurangnya 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung dan juga meningkatkan kekuatan tahan tubuh dan stamina. Pilihan sumber lemak tak jenuh diantaranya ialah Ikan salmon, Frozen Fish Yellow Fin Tuna Loin Suppliers, ikan makerel, ikan sardin, minyak ikan, minyak zaitun, sunflower oil, dan buah alpukat.

Protein

Protein memiliki fungsi khas yang tak dapat digantikan oleh zat nutrisi lain ialah untuk merawat dan membangun jaringan dan sel-sel tubuh. Bagi organisator olahraga seperti parkour yang memerlukan tenaga dan gizi yang cukup besar, protein juga bermanfaat untuk membenarkan sel-sel otot yang rusak sesudah kegiatan olahraga yang berat dan intens.

Baca juga artikel kami lainya mengenai: Perpaduan Seni dan Olahraga Parkour

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *