Backflip, Gerakan Menantang Bagi Para Pecinta Parkour

Backflip, Gerakan Menantang Bagi Para Pecinta Parkour

Ada beberapa gerakan dasar parkour yang harus dikuasi oleh para pemula. Namun, jika Anda merasa sudah tidak lagi menjadi pemula, atau Anda ingin naik level yang lebih tinggi, Anda harus bisa melakukan backflip.

Ini merupakan gerakan berputar 360 derajat ke belakang dengan posisi berdiri. Biasanya, ada media tembok yang digunakan untuk membuat tubuh memutar ke belakang.

Terdengar mudah, bukan? Tapi, jangan coba-coba Anda latihan sendiri ketika baru pertama kali melakukan gerakan backflip ini.

Resiko Yang Bisa Terjadi

Jika Anda belajar tentang gerakan dasar olahraga parkour, sepertinya tidak ada hal berbehaya yang terjadi. Namun, lain hal dengan gerakan backflip. Bisa dikatakan ini merupakan gerakan advanced bagi pecinta parkour.

Ada resiko yang bisa terjadi jika salah dalam melakukan gerakan ini. Yang pertama adalah resiko cidera pada bagian leher. Ini yang benar-benar harus dihindari.

Dan kedua adalah cedera pada punggung. Banyak orang yang sudah bisa berhasil melakukan gerakan ini namun masih sering mengalami cidera pada punggung. Tahukah Anda kenapa? Karena mereka tidak mengusai teknik yang tepat dalam melakukan backflip.

Persiapan Penting Sebelum Backflip

Sebenarnya persiapannya hampir sama dengan gerakan-gerakan parkour lainnya. Yang pasti, fisik yang kuat dan stamina juga ok. Anda sebaiknya melakukan gerakan loncat beberapa kali agar kekuatan kaki Anda bagus sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan gerakan backflip.

Namun, latihan fisik pada tulang bagian kaki tidaklah cukup. untuk melakukan gerakan backflip ini, diperlukan persiapan tambahan. Cartwheel bisa Anda lakukan terlebih dahulu. Apa itu carwheel? Ini adalah gerakan berguling ke samping kiri atau kanan dengan menggunakan kedua tangan.

Para olahragawan parkour profesional juga menyarankan agar melakukan gerakan berguling ke belakang terlebih dahulu. Dengan persiapan seperti ini, setidaknya Anda sudah melakukan warming up dan sudah siap bagaimana rasanya melakukan backflip.

Tembok yang Anda gunakan untuk melakukan dorongan dan juga memutar tubuh Anda juga harus dipastikan tidak licin. Hal ini penting agar dorongan yang Anda lakukan sempurna sehingga Anda bisa melakukan backflip dengan lebih aman.

Jadi, sudah tahu kan apa yang harus disiapkan? Silakan Anda coba melakukan backflip. Jika belum yakin atau belum percaya diri, sebaiknya Anda meminta bantuan instruktur profesional untuk membantu Anda menguasai gerakan backflip ini.

Catatan Penting Agar Gerakan Backflip Sempurna

Apa yang terjadi jika gerakan backflip Anda tidak sempurna? Tentu saja Anda berisiko mengalami cidera leher atau punggung. Tidak ada pilihan lain kecuali Anda harus melakukan gerakan backflip ini dengan tepat dan sempurna jika tidak ingin mengalami cidera.

Oleh sebab itu, ada dua catatan penting yang harus Anda ketahui.

  • Melipat Kaki

Banyak sekali orang yang gagal melakukan gerakan backflip ini lantaran mereka tidak melipat kaki setelah melompat. Melipat kaki akan membuat putaran tubuh semakin cepat dan semakin mudah. Jadi, Anda akan jatuh dengan posisi berdiri kembali ketika putaran 360 derajat sudah Anda lakukan.

  • Atur Jarak

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenai jarak. Sebelum Anda melakukan backflip off the wall, Anda juga harus mengatur jarak. Pastikan jarak ketika Anda akan menendang tembok cukup untuk membuat kaki Anda memiliki energi untuk memutar tubuh Anda 360 derajat ke belakang.

Jadi, apakah Anda sudah yakin ingin mempraktekkan gerakan parkour yang satu ini?

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *