Belajar Otodidak Dengan Mengetahui Gerakan Dasar Parkour

Apakah Anda memerlukan instruktur khusus jika ingin belajar olahraga parkour? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak.

Pada dasarnya, olahraga ini tidak berbeda dengan olahraga lainnya. Contohnya saja sepakbola. Apakah Anda memerlukan pelatih ketika Anda suka dan berbakat bermain sepakbola?

Dalam hal ini, pada dasarnya instruktur atau pelatih itu hanya untuk membantu mengetahui sisi lemah diri Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih efektif dalam mengembangkan diri. Lihat saja para pesepakbola profesional. Mereka tetap memerlukan pelatih agar bisa meningkatkan potensi mereka lebih cepat.

Begitu juga dengan parkour. Anda membutuhkan instruktur dan bahkan bergabung dengan komunitas pecinta parkour jika Anda ingin lebih cepat berkembang.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa belajar otodidak sendiri di rumah. Banyak orang yang suka dengan olahraga yang satu ini namun tidak percaya diri untuk ikut dalam sebuah komunitas. Akhirnya mereka belajar sendiri terlebih dahulu di rumah. Mungkin ini pula yang Anda rasakan.

Mengenal Gerakan Dasar Parkour

Banyak orang menganggap olahraga yang satu ini sangat sulit. Tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat saja, tapi juga keberanian serta bakat sehingga seseorang bisa melakukan gerakan parkour.

Kenyataannya tidak demikian. Mereka yang menganggap olahraga parkour sebagai olahraga ekstrim dan berbahaya lantaran tidak mengetahui teknik dasar dari olahraga yang satu ini. Mereka hanya menonton video para pecinta parkour yang sudah mahir dalam melakukan gerakan di berbagai tempat yang berbahaya. Mereka tidak memahami jika gerakan dasarnya bisa dengan mudah dipelajari. Bahkan, orang awam pun suka melakukan gerakan dasar parkour ini.

  • Lompat Ke Atas Dan Ke Bawah

Anda harus tahu dulu asal-asal olahraga parkour. Pada awalnya, ini bukan olahraga. Ini hanya gerakan dan juga latihan gerakan halang rintang. Tujuannya agar orang bisa cepat bergerak dan bisa cepat meloloskan diri ketika dalam kondisi berbahaya.

 

Inilah yang membuat lombat ke atas dan ke bawah menjadi gerakan paling dasar dalam olahraga parkour ini. Gerakan ini sangat sederhana namun sangat penting. Gerakan ini tidak hanya untuk membuat kaki kuat, tapi juga melatih fleksibilitas gerakan kaki.

 

Bisa dikatakan, latihan lompat ke atas dan ke bawah ini dilakukan agar Anda tanggap jika harus melompat sesuai dengan media atau landasan yang Anda gunakan untuk melompat. Karena bisa saja landasannya berbeda, seperti memiliki ukuran yang kecil, tinggi atau rendah, dan lain sebagainya.

 

  • Vaulting

Apa itu vaulting? Ini merupakan gerakan melompan dengan menggunakan bantuan tangan. Jadi, Anda melompat melewati sesuatu seperti pagar dengan menggunakan kekuatan tangan untuk mengangkat badan ke atas.

 

Karena gerakan pada olahraga parkour ini mengandung seni yang indah, maka banyak sekali variasi dari gerakan vaulting ini seperti monkey, kong, palm spin, dan juga lazy vaulting.

 

Akan tetapi, bagi pemula, sebaiknya tidak perlu menghiraukan variasi tersebut. Yang penting, Anda tahu dan terbiasa melakukan vaulting. Baru kemudian Anda bisa pelajari variasi gerakan vaulting.

 

  • Cat Leap

Sepertinya ini gerakan yang sangat terkenal. Anda pernah lihat pecinta olahraga parkour yang melompat ke sebuah tembok? Ini yang dinamakan dengan cat leap.

 

Cat leap ini Bahasa Indonesia-nya adalah lompatan kucing. Namanya digunakan lantaran gerakannya seperti kucing yang sedang melompat.

 

Cat leap ini menjadi sangat terkenal dan bahkan menjadi identic dengan olahraga parkour lantaran banyak pecinta parkour yang melakukan gerakan ini di tembok yang sangat tinggi. Bahkan, tidak jarang mereka bergerak di atas gedung yang tinggi lalu melompat dengan teknik cat leap untuk melompat dari gedung satu ke gedung yang lain.

 

Inilah yang membuat banyak orang menganggap olahraga parkour ini olahraga ekstrim dan berbahaya. Padahal, pada dasarnya gerakannya sederhana. Hanya saja tempatnya saja yang terkadang membuat banyak orang ngeri dan khawatir.

 

  • Swing Through

Gerakan yang satu ini sangat indah. Gerakan ini digunakan untuk melewati sebuah bar yang rendah. Anda bergelantung di bar tersebut dan melewatinya dari bawah, Gerakan parkour ini berkebalikan dengan vaulting. Jika Anda melakukan vaulting, maka Anda melewati rintangan misalnya seperti pagar dari atasnya. Sementara itu, swing through membuat Anda melewati pagar dari bawah. Itupun jika ada space yang cukup agar tubuh Anda bisa masuk dan melaluinya.

Jadi, sudah siap untuk belajar gerakan parkour secara otodidak?

Dari penjelasan tersebut di atas, sepertinya olahraga ini jauh sekali dari kesan berbahaya dan ekstrim. Jika Anda terus mempelajari gerakan dasar parkour ini, maka tubuh Anda akan lentur dan mudah digerakkan. Dan bukan kesan ekstrimnya yang ditonjolkan, namun seni serta keefektifan gerakan yang terpenting.

Agar lebih cepat dalam mengusai gerakan-gerakan olahraga parkour, tentu saja sangat disarankan agar Anda ikut sebuah komunitas. Apalagi jika di dalam komunitas tersebut ada seseorang yang dijadikan panutan atau bahkan ada instruktur. Pasti proses belajar Anda akan semakin cepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *