Semangati Diri Dengan Film-film Bertema Parkour

film parkour

Latihan parkour memang sangat melelahkan dan menguras tenaga yang begitu besar. Tidak heran, jika Anda berlatih sendiri maka akan cepat bosan dan malas. Untuk itu, memang parkour disarankan memiliki kelompok atau yang terbiasa dibilang komunitas parkour. Di Indonesia sendiri, komunitas parkour sudah sangat banyak, terutama di kota-kota besar. Jika Anda merupakan salah satu penduduk kota tersebut, sebaiknya segera bergabung dengan mereka.

Beberapa hal yang harus dimiliki sebelum parkour, sudah dituliskan dalam artikel sebelumnya. Silakan Anda baca, semoga komitmen Anda untuk bisa berparkour tetap terjaga dan terus menggelora. Dengan begitu, semua mimpi-mimpi Anda sebelum memulai parkour bisa betul-betul dicekoki dengan hal-hal tersebut, sehingga bisa terjaga dengan sangat baik.

Nonton Film Bertema Parkour

Seiring dengan kepopuleran parkour yang mendunia, banyak produser film yang mulai membuat film-film bertema parkour. Dalam film-film tersebut, tentu kita mendapatkan ketakjuban yang luar biasa dengan gerakan-gerakan yang banyak dilakukan oleh para pemainnya. Kebanyakan dari mereka, memang sudah malang melintang dalam dunia parkour.

Nah, selain dengan menerapkan pilar-pilar yang sudah dituliskan dalam artikel sebelumnya, kita juga bisa menyemangati diri dengan menonton film-film bertema parkour. Kita bisa melihat teknik-teknik yang digunakan oleh pemain di film-film tersebut. Selain itu, Anda juga bisa lebih beradaptasi dengan melihat medan-medan baru yang digambarkan dalam film, sebagai lingkungan yang nyata.

Inilah beberapa film yang mungkin menjadi inspirasi Anda dalam ber-parkour ria!

Brick Mansions

Bagi Anda yang sudah menyukai parkour dari sejak dulu, tentu sudah tidak asing lagi dengan film Brick Mansions. Bahkan, jika Anda memang penggila parkour, bisa dibilang wajib untuk menonton film ini. Mengapa demikian? Karena film ini diperankan oleh tokoh penting dalam penyebaran parkour ke seluruh dunia. Ya, dia adalah Davide Belle yang disebut-sebut sebagai pencipta parkour itu sendiri. Anda harus melihat manuver-manuver yang dilakukan oleh David pada film tersebut. Setiap manuver terlatih yang dilakukan oleh David, tentu menjadi rujukan bagi setiap orang yang suka dengan parkour.

Dalam film tersebut, David Belle tidak sendirian sebagai jagoannya. Berpartner dengan bintang hollywood papan atas, almarhum Paul Walker. Menjadikan film tersebut betul-betul hidup sebagai sebuah film action yang berlatar daerah kumuh yang sudah tidak dipedulikan pemerintah. David Belle berperan sebagai Lino yang mempunyai keberanian untuk menentang. Film ini sungguh betul-betul memukau bagi Anda pecinta parkour.

Districk B13 : Ultimatum

Film District13 : Ultimatum juga masih satu jalan dengan film Brick Mansions. Dalam film ini juga sama-sama berlatar di daerah kumuh yang sudah tidak dipedulikan. Di daerah ini, terdapat etnis-etnis yang saling bertikai untuk memperebutkan kursi kekuasaan, setelah penguasa sebelumnya tumbang. Pemerintah berencana untuk membumi hanguskan daerah ini, jika mereka sudah tidak mau lagi menurut dengan aturan pemerintah. Hal yang jadi permasalahan, ternyata banyak warga biasa (bkan kriminal) yang memang tidak punya pilihan untuk tinggal di daerah ini.

Film ini masih diperankan oleh sang penemu parkour, David Belle. Pada film ini, Belle berperan sebagai Leito. Partner dalam filmnya ada Cyril Raffaelli sebagai Damien. Nah, kedua orang inilah yang menjadi penentu dan harapan bagi warga yang terpaksa di daerah kumuh tersebut. Kemampuan Belle yang terus dipertontonkan sepanjang film, membuat parkour semakin berjaya dan ingin dikenal oleh seluruh dunia.

Freerunner

Film lainnya yang wajib Anda tonton adalah Freerunner. Pada film ini, Anda akan disuguhi berbagai manuver epic dari artis parkour. Pada film ini, diceritakan seorang pria yang diperankan oleh Sean Faris yang menampilkan atraksi-atraksi hebat sebagai gerakan-gerakan parkour. Ia terus menerus berusaha untuk melepaskan dan melarikan diri dari seorang mafia.

Hal ini sangat sejalan dengan tujuan dari parkour itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel pengertian dan sejarah parkour, olahraga ini sebagai sarana untuk melakukan pertahanan diri. Jika kemampuan bela diri lain menggunakan cara bertarung (fight), maka parkour merupakan cara untuk lari/melepaskan diri (flight).

Tracers

Anda tahu Taylor Lautner? Tentu Anda tidak asing jika pernah nonton film Twilight, film Vampire 😀

Nah, pada film Tracers, Taylor Lautner menjadi pemeran utama dalam film ini. Ia menampilkan berbagai aksi yang sangat mendebarkan lompat dari satu gedung ke gedung lainnya, dengan kemampuan parkour.

Dalam cerita tersebut, Taylor berperan sebagai Cam diceritakan belajar parkour pada seorang wanita yang ia tabrak, bernama Nikki (diperankan oleh Marrie Avgeropoulos). Nah, wanita ini mempunyai pekerjaan yang sama dengan Taylor, yakni sebagai pengantar pesan. Bedanya, Nikki menggunakan parkour untuk mengantarkan pesannya.

Kegigihan Cam dalam belajar parkour di film ini, harus menjadi semangat juga untuk Anda. Belajar yang terus menerus dan gigih, membuat seseorang benar-benar bisa menguasainya dengan cepat.

Live Free or Die Hard

Di film ini, Cyril Raffaelli kembali mengambil peran sebagai seorang yang sangat ahli dalam melakukan parkour. Kemampuan Cyril ini hampir setara dengan penemunya, yakni David Belle. Tidak mengherankan, ia dipasangkan dengan David pada film-film sebelumnya. Film ini sesungguhnya bukan film yang khusus membahas tentang parkour. Hanya saja, ada adegan film yang dilakukan Cyril dan begitu memukau.

Film Live Free or Die Hard merupakan sebuah cerita tentang McClane yang diperankan oleh Bruce Willis dalam sebuah misi yang sulit. Cerita dimulai ketika hacker membobol sistem IT negara, maka hacker ini dicari oleh FBI.

Casino Royale

Pecinta film James Bond tentu tidak akan asing dengan film yang satu ini. Sebuah film yang diperankan oleh Daniel Craig sebagai James Bond. Dalam film tersebut, Bond bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap seorang teroris bernama Sebastian Foucan. Pada film ini, banyak adegan Bond melakukan aksi kejar-kejaran. Adegan yang paling seru adalah ketika dilakukan di atas atap, dengan menampilkan manuver hebat parkour.

Sherlock Holmes : A Game of Shadows

Siapa yang tidak suka tentang cerita detektif jenius yang satu ini. Pastinya para pecinta tidak asing dengan film ini. Dalam film Sherlock Holmes : A Game of Shadows, Anda akan menemukan adegan-adegan yang menampilkan kemampuan manuver parkour yang diperankan oleh Jeremy Marinas. Meskipun film ini memang tidak memunculkan parkour secara khusus, namun Anda wajib untuk menontonnya, karena memang sangat menyenangkan.

Tonton Film-film Tersebut dan Ambil Pelajaran

Sebagai seseorang yang suka dengan parkour dan memang berniat untuk belajarnya, Anda bisa menonton film-film tersebut di atas. Berbagai adegan parkour ditampilkan, dari mulai teknik yang sederhana hingga yang begitu rumit. Anda jangan berpikir bahwa Anda tidak bisa seperti mereka. Justru, Anda harusnya merasa tertantang dan semangat untuk terus menerus belajar tentang parkour ini.

Semoga artikel tentang review beberapa film yang mengandung parkour ini dapat bermanfaat untuk Anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *