Filosofi dan Pelajaran Yang Didapat Dari Parkour

filosofi pelajaran parkour

Sebagai sebuah olahraga yang mendominasi kekuatan fisik, kekuatan pikiran dan keindahan, parkour sangat digemari oleh banyak orang. Penggemar parkour terutama datang dari mereka yang aktif bergerak secara fisik. Bagi sebagian orang, parkour telihat sangat seksi dan memukau. Kebanyakan, olahraga parkour dilakukan oleh pria, namun meskipun begitu wanita pun boleh saja melakukan olahraga yang satu ini.

Untuk menjadi seorang ahli pada bidang parkour, tentu saja Anda harus melakukan berbagai hal-hal yang mendasar terlebih dahulu. Pelatihan tentang parkour dan semua hal dasar parkour telah ditulis secara lengkap di artikel dasar-dasar parkour. Untuk itu, silakan pelajari tentang materi pelajaran parkour tersebut.

Parkour Olahraga Ekstrim?

Jika dilihat dan dipahami secara sepintas, parkour memang bisa dikatakan sebagai olahraga ekstrem. Banyak orang bergidik ngeri ketika membayang seseorang berloncat-loncat gedung. Padahal, itu merupakan seni dan keindahan olahraga yang bermanfaat sebagai self-defence atau pertahanan diri. Pada artikel tentang sejarah parkour, dituliskan bahwa parkour merupakan bentuk bela diri flighting (melarikan diri). Jadi dalam kondisi darurat, parkour bisa bermanfaat untuk menghindar dari sebuah bahaya.

Filosofi dan Pelajaran Kehidupan Pada Parkour

Siapa sangka, parkour yang sering dianggap sebagai olahraga ekstrim, ternyata mempunyai pelajaran yang hebat untuk kehidupan. Bahkan, jika beberapa poin penting tersebut dilakukan, maka bisa didapatkan kehidupan yang selama ini kita idam-idamkan. Berikut poin-poin hebat tersebut!

Pantang Menyerah

Tidakkah kita sadar, bahwa untuk menjadi pakar dalam parkour perlu proses yang panjang? Bahkan, proses latihan ini lebih dari hal-hal lain yang umum dilakukan oleh orang-orang. Oleh karena itu, parkour membutuhkan latihan yang terus menerus dan konsisten. Menyerah dan putus asa merupakan musuh terbesar untuk menjadi ahli.

Begitu pula dalam kehidupan kita! Tidak hanya pada parkour saja sikap kita harus tetap kuat dan tidak menyerah. Pada hal-hal lain, kita juga harus pantang terhadap kata menyerah. Menjadi pribadi yang kuat, mencoba berkali-kali ketika terjatuh. Tetap bangkit dan mencoba walaupun terluka, hingga proses pembelajaran selesai.

Menjadi Bermanfaat Untuk Orang Lain

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain” – Nabi Muhammad SAW

Tentu Anda sering mendengar kutipan sabda Nabi tersebut ya! Nah betul, belajar parkour tidak semata-mata bermanfaat untuk diri sendiri saja. Manfaatnya untuk diri tentu saja untuk kesehatan dan juga pembelaan diri. Namun ada semangat lain yang harus digagas, yakni bermanfaat untuk orang lain.

Lantas, apa manfaat parkour yang kita kuasai untuk orang lain? Banyak, jika memang kita mau bermanfaat untuk mereka. Dari hal terkecil saja, misalnya kita bisa menolong orang yang kena jambret dan mengejar si penjambret tersebut. Hal lain yang jauh lebih sederhana adalah membetulkan genteng milik tetangga 😀

Jadi Manusia Yang Pandai Beradaptasi

Manusia adalah makhluk sempurna yang diberi akal oleh Tuhan. Sudah selayaknya, manusia mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Nah, hal ini yang dapat kita petik pelajarannya dari gerakan-gerakan parkour. Saat seseorang melakukan parkour, tentunya ia akan melakukan banyak hal untuk bisa melewati berbagai rintangan yang menghadang. Hal ini dilakukan dengan mengkondisikan tubuh dengan medan yang dihadapi.

Dengan melihat fakta tersebut, itulah yang harus terjadi pada diri kita secara menyeluruh dalam kehidupan ini. Maksudnya bagaimana? Ya, kita harus mampu beradaptasi secara sempurna pada lingkungan, secara sempurna. Bukan sebaliknya!

Berproses Bersama, Bukan Mengalahkan

Altruisme adalah hal yang disuarakan oleh George H. Bert pada olahraga parkour. Sama saja, artinya kebermanfaatan untuk orang lain. Nah, jika dalam parkour terjadi kompetisi dan saling mengalahkan, maka hal itu bertentangan dengan semangat altruisme tersebut. Kompetisi merupakan hal buruk, hanya untuk mengejar kepopuleran dan antusiasme sponser. Akhirnya, setiap praktisi parkour hanya akan berlomba untuk saling mengalahkan.

Kemajuan dan perkembangan bersama merupakan semangat yang terus digodok dalam parkour. Itulah mengapa, parkour selalu tergabung dalam sebuah komunitas besar yang sama-sama terus belajar. Setiap praktisi ada yang sudah menguasai berbagai teknik-teknik lanjutan, maka ini akan diajarkan kepada rekan-rekannya. Begitulah seterusnya, untuk saling mendukung kemajuan, maka mereka akan saling berbagai ilmu. Meskipun demikian, mereka tidak saling menggurui, karena mungkin saja seseorang lebih ahli dalam sebuah teknik dan lemah di teknik lainnya.

Pelajaran berharga ini harus kita bawa dalam kehidupan bermasyarakat secara lebih luas. Hidup ini untuk saling bahu membahu, mengingatkan ketika salah dan saling mendukung kemajuan.

Lawan Rasa Takut Dengan Mencoba

Pada awal belajar parkour, banyak orang merasa takut akan berbagai hal. Terutama, mereka yang akan mulai belajar takut terluka dan cedera. Hal itu sangatlah wajar, tetapi rasa takut tersebut harus dilawan dan mencoba hal yang menakutkan itu. Jika tidak dicoba, kita tidak akan betul-betul tahu bagaimana rasanya.

Begitu pun dalam kehidupan kita, sering muncul rasa takut yang menyelimuti. Nah, kita harus mampu melawannya, apalagi untuk mencoba hal-hal hebat. Memang semuanya berisiko, dari mulai risiko kecil hingga besar. Namun sadarkah kita, bahwa sesungguhnya, hidup itu sendiri merupakan sebuah risiko yang begitu besar?

Belajar Kendalikan Diri Belajar Dari Lompatan Presisi

Dalam parkour, ada sebuah gerakan yang disebut lompatan presisi. Pada dunia parkour, gerakan ini akan dipelajari pada pelajaran dasar. Namun meskipun terlihat sederhana, sesungguhnya hal ini cukup rumit. Butuh kontrol pengendalian tenaga secara sempurna, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang.

Dengan gerakan tersebut, kita belajar tentang sebuah pengendalian diri. Kecelakaan dan petaka dalam kehidupan kita, seringkali datang karena kita tidak mampu mengontrol dan menguasai diri kita. Nah, gerakan lompatan presisi mengajarkan kita untuk tidak sembarangan dan serakah.

Bebas dan Bertanggung Jawab

Kebebasan merupakan impian setiap manusia. Semua orang ingin melakukan apapun secara bebas, tanpa ada yang melarang. Kebebasan itu sangat baik, tetapi semuanya harus berada pada tempatnya dan dilakukan secara tanggung jawab. Nah, ekspresi kebebasan pada parkour mengajarkan hal tersebut. Kita melompat, bergelinding, berlari dan gerakan lain secara bebas. Tetapi hal itu tidak boleh mengganggu orang lain, dilakukan pada tempat dan waktu yang semestinya, serta dipenuhi rasa tanggung jawab.

Penuh Perhitungan Keamanan

Dibalik gerakan-gerakan yang dikenal ekstrim pada parkour, ternyata olahraga ini selalu memperhitungkan berbagai faktor keamanan. Jadi, olahraga parkour ini bukan mengandalkan perasaan nekat, tetapi perasaan berani. Ingat! Berani dan nekat merupakan dua kata yang bermakna beda.

Begitu pula dalam kehidupan kita! Semua hal memang harus dilakukan secara berani dan penuh dengan tanggung jawab. Namun jangan sekali-kali kita hanya mengandalkan kenekatan kita dan tanpa perhitungan sama sekali. Jika hal tersebut yang terjadi, maka kehidupan kita bisa dikatakan sebagai sesuatu yang konyol.

Demikianlah beberapa filosofi dan pelajaran yang bisa kita ambil secara baik dari parkour.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *