Parkour Bukan Sekedar Sebuah Olahraga

Anda pasti pernah dengar olahraga parkour, bukan? Atau Anda pernah lihat seseorang yang melompat menaiki gedung dengan lompatan serta gerakan indah. Itu namanya olahraga parkour.

Jika Anda tertarik mengetahui apa olahraga ini, Anda bisa telusuri asal usul olahraga parkour ini. Pada dasarnya, ini merupakan olahraga yang digunakan agar gerakan efektif dan efisien sehingga seseorang bisa lolos dari bahaya tertentu.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, olahraga parkour ini menjadi seni gerakan yang dipadukan dengan seni.

Terlepas dari sejarah serta perkembangan olahraga parkour, Anda mungkin tidak percaya olahraga ini bukan hanya untuk memperkuat fisik layaknya olahraga lainnya. Ternyata, ada banyak manfaat lainnya selain tentu saja agar fisik tetap bugar.

Manfaat Parkour Selain Membuat Tubuh Sehat

Olahraga secara rutin akan membuat tubuh sehat. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah sakit. Kira-kira itulah nasehat yang Anda dapatkan dari seorang ahli kesehatan.

Namun, jika Anda memilih parkour, maka tidak hanya tubuh sehat saja yang akan Anda dapatkan.

  • Kepercayaan Diri Tinggi

Obat yang paling mujarab bagi Anda yang suka menyendiri lantaran tidak memiliki kepercayaan diri adalah dengan bermain parkour. Anda akan mulai memiliki banyak teman, setidaknya di dalam sebuah komunitas pecinta parkour. Dan inilah yang akan menaikkan kepercayaan diri Anda.

Lebih dari itu, olahraga parkour ini cenderung membuat Anda show off atau pamer meskipun Anda tidak memiliki niat seperti itu. Namun, setidaknya orang lain melihat kemampuan hebat Anda dan mereka menyadari potensi besar di dalam diri Anda. Secara tidak langsung, Anda pun akan merasakan bawasannya ada banyak orang di luar sana yang memuji diri Anda. Dan Anda tidak lagi minder, melainkan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

  • Berlatih Memecahkan Masalah

Anda harus tahu dulu asal-usul dari parkour ini. Menurut sejarahnya, Raymond Belle, ayahanda David Belle yang disebut sebagai pencipta olahraga parkour mengajarkan anaknya untuk bergerak melewati halang rintang. Dan untuk melewati halang ringat, diperlukan kecepatan berpikir untuk menghindari halangan yang ada.

 

Inilah yang membuat seorang pecinta parkour secara tidak langsung melatih otak mereka untuk terbiasa memecahkan masalah dengan tepat dan cepat. Bukankah ini bagus sekali?

  • Berani

Banyak sekali orang yang pintar. Namun, terkadang mereka memiliki kendala, yaitu mereka tidak berani.

Itulah yang membuat orang tidak bisa mencapai kesuksesan yang mereka inginkan dapatkan. Mereka memiliki bakat dan juga keahlian di bidang tertentu. Namun, hanya sedikit yang bisa mengoptimalkan keahlian tersebut lantaran mereka tidak memiliki cukup keberanian.

Dan cara untuk memunculkan rasa berani ini bisa dilakukan dengan melakukan olahraga parkour. Ini bukan hanya olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik saja, tapi juga keberanian. Lihat saja bagaimana orang-orang yang suka bermain parkour berani menaiki gedung yang tinggi serta meloncat dari gedung satu ke gedung yang lain. Tanpa keberanian, mustahil mereka berani melakukan hal tersebut.

Dan keberanian dalam parkour ini akan mempengaruhi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pun dengan Anda jika Anda mulai belajar olahraga parkour.

Manfaat tersebut sama sekali tidak berhubungan dengan kesehatan fisik. Jadi, beruntung sekali jika Anda termasuk orang yang suka dengan olahraga parkour.

Parkour Berbahaya

Ini stigma di masyarakat. Olahraga parkour dianggap sebagai olahraga ekstrim yang berbahaya. Namun, jika melihat manfaat lain yang bisa Anda dapatkan selain kekuatan fisik, apakah Anda masih berpikir bawasannya parkour merupakan olahraga berbahaya?

Tentu saja tidak, bukan?

Selama ini, banyak yang mengatakan olahraga parkour sebagai olahraga berbahaya lantaran olahraga ini terlihat ekstrim dan mereka yang suka dengan olahraga ini tidak dilengkapi dengan alat-alat pengaman badan.

Ekstrim atau tidaknya olahraga ini tergantung Anda yang memilih tempat untuk melakukan parkour. Jika Anda hanya memilih tempat berupa area lapang, maka olahraga ini tidak terlihat ekstrim dan berbahaya.

Hanya saja, kebanyakan orang yang suka dengan olahraga ini menantang diri mereka sendiri untuk menaklukkan halang rintang yang berat. Namanya juga olahraga halang rintang. Jadi, semakin sulit rintangan yang dihadapi maka semakin hebat orang yang melakukan olahraga parkour.

Namun, salah besar jika dikatakan bawasannya olahraga ini dilakukan tanpa alat pengaman. Jika Anda tahu apa saja yang harus dipakai dan teknik setiap gerakan, maka Anda akan mengerti bawasannya olahraga ini bukan olahraga yang berbahaya. Terlihat berbahaya lantaran mereka tidak tahu jika terdapat teknik yang bisa membuat risiko buruk bisa dihindari.

Bahkan, anak kecil pun sebenarnya disarankan untuk melakukan olahraga ini lho. Alasannya jelas. Agar mereka percaya diri, berani, dan juga terbiasa untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Dan tentunya mereka bisa memiliki fisik yang kuat dan sehat.

Bukan itu yang dibutuhkan oleh setiap orang?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *