Pecinta Parkour Harus Selektif Memilih Menu Makanan

Anda yang suka olahraga parkour tidak boleh hanya memperhatikan bagaimana melakukan gerakan-gerakan tertentu. Ada banyak tutorial yang bisa Anda lihat untuk bisa menguasai gerakan parkour.

Namun, yang tak kalah penting adalah nutrisi. Seorang pemain parkour dituntut untuk memiliki tubuh yang kuat. Ia juga harus berenergi. Apalagi jika melakukan parkour dalam waktu yang lama dan rintangan yang sulit. Tentu saja diperlukan nutrisi yang cukup agar tubuh tetap fit.

Nutrisi Yang Penting

Ada dua kategori nutrisi untuk pecinta parkour. Yang pertama adalah macronutrient dan yang kedua adalah micronutrients.

Macronutrients  

Ini melibatkan 3 jenis nutrisi.

1. Karbohidrat

Ini digunakan agar Anda memiliki energi untuk melakukan gerakan parkour

2. Protein

Protein sangat penting untuk otot. Para ahli kesehatan mengatakan protein merupakan pelindung otot. Protein akan melindungi otot agar tidak rusak yang mengingat parkour merupakan olahraga yang keras yang bisa beresiko membuat otot rusak. Otot yang rusak biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, terutama setelah melakukan kegiatan yang ekstrim.

3. Lemak

Karena parkour merupakan olahraga yang menguras banyak tenaga, maka Anda disarankan mengkonsumsi makanan yang juga mengandung lemak. Hal ini penting lantaran ketika Anda sedang latihan, maka lemak akan dibakar dan diubah menjadi energi.

Micronutrients

Ada banyak sekali micronutrients yang dibutuhkan. Akan tetapi, ada beberapa yang sangat penting. Salah satunya adalah zinc. Ini micronutrient yang sangat bagus untuk penyembuhan luka jika terjadi cedera. Selain itu, zinc juga berperan untuk memberikan energi pada tubuh.

Selain zinc, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang mengandung micronutrients lainnya seperti yodium dan zat besi.

Makanan Yang Perlu Dikonsumsi

Anda yang suka parkour harus benar-benar memperhatikan makanan apa yang Anda konsumsi, sebelum, saat, dan sesudah latihan parkour.

Makanan Sebelum Latihan Parkour

Untuk memaksimalkan latihan parkour, sebelumnya Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat. Hal ini sangat penting lantaran karbohidrat inilah yang akan memberikan Anda energi.

Namun, pertimbangkan juga makanan yang mengandung protein dan lemak tapi dalam presentase yang sangat kecil. Makanan harus mengandung tinggi karbohidrat namun rendah protein dan lemak.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan tersebut 1 jam sebelum melakukan latihan parkour. Hal ini sangat penting karena jeda tersebut diperlukan bagi badan Anda untuk mencerna makanan serta mengubahnya menjadi energi.

Minumlah air putih yang banyak agar proses pencernaan lebih cepat. Air putih juga akan membuat tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi ketika berlatih parkour.

Makanan Saat Latihan Parkour

Di saat istirahat, Anda bisa mengkonsumsi cemilan yang mengandung glukosa untuk meningkatkan performa. Selain itu, minum air putih setiap 10 menit akan membuat tubuh Anda lebih berenergi selama latihan parkour.

Makanan Setelah Latihan Parkour

Kebanyakan orang setelah olahraga tidak merasa lapar atau tidak merasa ingin mengkonsumsi makanan apapun. Padahal, sebenarnya mereka memerlukan nutrisi tertentu untuk memperoleh kembali energi yang sudah habis.

Begitu juga ketika Anda selesai latihan parkour. Anda butuh makanan yang mengandung karbohidrat yang akan mengembalikan stamina Anda yang habis. Selain itu, minum air putih yang banyak. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi jus buah yang segar. Jus buah tidak hanya akan membuat Anda tidak lagi merasa haus, tapi jus buah juga berperan untuk mengembalikan stamina tubuh Anda.

Parkour memang olahraga yang menguras banyak tenaga. Namun harus dipahami juga bawsannya parkour merupakan olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan otot. Sangat mudah sekali otot mengalami cedera dan akhirnya pemain parkour seperti Anda akan merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu setelah latihan parkour. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Lebih dari itu, parkour juga dikatakan sebagai olahraga berbahaya jika dilakukan secara sembarangan. Itulah mengapa penting sekali menguasai teknik gerakan-gerakan parkour. Snagat penting jika Anda berlatih di bawah arahan seorang instruktur parkour profesional. Atau setidaknya Anda bermain parkour di komunitas. Karena setiap komunitas pastinya ada seorang pemain yang lebih mahir sehingga bisa dijadikan rujukan ketika berlatih parkour.

 

1 comment on “Pecinta Parkour Harus Selektif Memilih Menu Makanan”

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *