Pengaruh Bermain Parkour Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kenapa pilihan Anda untuk bermain parkout merupakan keputusan yang tepat? Jawabannya, parkour tidak hanya sekedar olahraga yang bisa membuat badan sehat. Lebih dari itu, parkour sangat berpengaruh terhadap kegiatan, pekerjaan, serta semua aspek di dalam kehidupan Anda.

Mungkin Anda tidak percaya. Namun, penjelasan berikut akan membuat Anda memahami kenapa parkour tidak hanya bisa dianggap sebagai olahraga biasa.

 

Berlatih Untuk Fokus

Jika Anda sering membaca buku motivasi atau ikut dalam seminar motivasi, Anda pasti sering mendengar kata ini. Anda harus fokus jika Anda ingin meraih kesuksesan.

Hanya saja, fokus itu bukan hal yang mudah. Fokus membuat orang menjadi lebih produktif. Dan semakin produktif, seseorang akan lebih mudah mendapatkan apa yang ia cita-citakan.

Sayangnya, selalu ada pengganggu. Contohnya saja ketika Anda sedang bekerja. Ada saja yang menggangu.

Akan tetapi, fokus itu tidak sama seperti bakat. Fokus itu bisa dilatih sementara bakat itu pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa.

Anda tinggal mencari tahu bagaimana agar Anda bisa fokus. Salah satunya dengan belajar parkour. Olahraga yang satu ini memungkinkan diri Anda terbiasa untuk fokus. Pasalnya, dalam melewati rintangan saat bermain parkour, tidak ada hal lain selain fokus yang bisa membuat Anda bisa melakuan gerakan efektif untuk melewati rintangan tersebut.

Semakin rutin Anda melakukan parkour, secara tidak sadar otak Anda terformat agar terbiasa untuk fokus. Latihan fokus ini berbeda dengan latihan yang lain seperti terapi atau meditasi. Dengan melakukan parkour, Anda memang sedang berolahraga. Namun, pada saat yang sama, Anda sedang meningkatkan kemampuan fokus Anda.

 

Kreatif

Parkour mungkin terlihat seperti berlari biasa. Oleh sebab itu, parkour juga disebut dengan Free Running atau lari dengan gaya bebas.

Hanya saja, cara berlarinya berbeda. Terlihat ada seninya ketika berlari, melompat, dan melewati rintangan. Itulah mengapa parkour disebut juga sebagai seni berlari atau seni melarikan diri jika dilihat dari sudut pandang sejarah atau asal usul olohraga parkour.

Kreatif sendiri memiliki didefinisikan sebagai sesuatu yang berbeda dari biasanya. Dalam ilmu psikologi, orang yang kreatif dikatakan sebagai orang yang berpikir berbeda dengan kebiasaan orang.

Lebih jauh lagi, kreatif juga dianggap sebagai hal yang di bawah sadar atau di luar logika. Hal ini disebabkan orang yang mengandalkan logika lebih sering melakukan hal yang biasa seperti yang dilakukan oleh orang lain.

Begitu pula yang Anda lakukan ketika bermain olahraga parkour. Anda kreatif karena melakukan gerakan yang berbeda dan menarik, tidak seperti gerakan yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Ini seolah menjadi ajang training bagi otak Anda untuk selalu melakukan hal yang berbeda atau hal yang kreatif. Semakin sering Anda melakukan parkour, maka Anda akan semakin kreatif.

Dan hal ini juga akan berpengaruh pada kehidupan Anda. Karena otak Anda lebih sering berpikir hal yang kreatif, dalam pekerjaan atau dalam usaha pun Anda akan selalu berpikir kreatif.

Bukankah itu bagus?

 

Percaya Diri

Apa itu percaya diri? Percaya diri atau confidence sering diartikan sebagai kunci seseorang bisa cepat berkembang.

Sayangnya banyak orang yang tidak merasa percaya diri. Banyak orang yang tidak diterima ketika sesi wawancara melamar pekerjaan lantaran mereka tidak menujukkan kepercayaan diri. Bagi pemilik perusahaan, kepercayaan diri bisa dinilai dari luar. Dan mereka membutuhkan pegawai yang penuh dengan percaya diri karena itulah modal utama seseorang bisa menjalankan tugas atau pekerjaan di perusahaan tersebut.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Anda bisa terus mengembangkan diri dalam bidang tertentu agar Anda semakin percaya diri karena Anda memiliki kemampuan di bidang yang Anda tekuni.

Akan tetapi, hal seperti itu tidaklah cukup. Harus ada cara lain agar Anda bisa percaya diri di setiap kondisi dan di depan siapapun.

Dan kepercayaan diri ini akan Anda dapatkan jika Anda bermain parkour. Bagi orang yang suka bermain parkour, mereka merasa percaya diri karena mereka berhasil melewati rintangan. Semakin tinggi gedung yang bisa ia panjat, maka kepercayaan diri mereka akan semakin meningkat. Dan ini menular di kehidupan sehari-hari.

Berpikir Cepat

Setiap orang pasti ingin cepat meraih kesuksesan. Dan letak perbedaan antara orang biasa dan orang yang sukses adalah bagaimana ia berpikir. Orang yang sukses selalu memikirkan bagaimana kesuksesan bisa ia dapatkan secepat mungkin. Sementara itu, orang yang biasa ingin menjalani hidup apa adanya bagaikan air yang mengalir.

Ini juga yang membedakan antara olahraga lari dengan parkour. Meskipun sama-sama lari, olahraga parkour berbeda. Ini bukan sekedar lari, tapi juga memikirkan gerakan yang efektif untuk melewati atau menaklukkan rintangan. Dan setiap rintangan memerlukan gerakan yang berbeda. Ini yang membuat Anda harus berpikir cepat.

 

Positive Thinking

Terlalu banyak orang yang berpikir negatif. Mereka hanya bisa berprasangka buruk dan akhirnya menjelek-jelekkan orang lain.

Bukan ini saja yang menjadi masalah. Selalu berpikir negatif berarti membatasi diri sendiri. Setiap kali ingin berubah dan berkembang, Anda merasa tidak mampu. Selalu ada bayang-bayang kegagalan.

Berbeda jika Anda suka dengan permainan parkour. Ini seolah menjadi terapi agar Anda meninggalkan kebiasaan berpikir negatif dan menjadi seseorang yang selalu berpikir positif. Karena sebagai pemain parkour, Anda dituntut untuk selalu berhasil menaklukkan halangan atau rintangan apapun yang Anda hadapi.

Mudah Bergaul

Manfaat yang paling penting ketika Anda bermain parkour adalah Anda akan menjadi seseorang yang mudah berteman dengan siapa saja.

Parkour ini merupakan olahraga yang berbasis komunitas. Walaupun mungkin saja ada orang yang suka parkour dan ia bermain sendiri. Namun, kebanyakan pecinta parkour bermain bersama dalam sebuah wadah atau komunitas pecinta olahraga parkour. Dengan demikian, Anda akan semakin terbiasa berteman dengan orang yang mungkin memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda.

Jika Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda akan menjadi seorang yang sukses dalam kegiatan, pekerjaan, atau bisnis yang Anda jalankan. Pasalnya, orang yang sukses itu memiliki ciri-ciri mudah berkolaborasi dan berteman dengan siapapun. Bukan orang yang menyesuaikan diri, tapi Anda yang bisa menyesuaikan diri dengan siapapun.

Jadi, semakin tertarik untuk belajar parkour? Sekarang sudah tidak sulit untuk belajar olahraga parkour mengingat semakin banyak komunitas di mana Anda bisa bergabung. Ada juga instruktur profesional yang bisa mengajarkan kepada Anda bagaimana menguasai gerakan dasar parkour.

Yang terpenting, Anda harus tahu olahraga ini bukanlah olahraga ekstrim dan berbahaya. Mereka yang mengatakan parkour olahraga berbahaya lantaran mereka hanya melihat sekilas saja. Olahraga ini memiliki teknik tersendiri yang harus dikuasi sehingga siapapun bisa terhindar dari cedera jika mengusai teknik-teknik tersebut. Anda pun bisa jika Anda mau belajar parkour.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *