Pengertian dan Sejarah Parkour

Mungkin Anda pernah mendengar tentang parkour, tetapi tidak tahu apa itu. Okey, apa itu parkour? Ini merupakan sebuah aktivitas gerakan, dimana bertujuan untuk berpindah dari satu tempat, ke tempat lainnya dengan sangat efisien dan cepat. Ketika kita ingin berpindah dari satu tembok ke tembok lainnya, umumnya kita akan turun dulu dari tembok satunya kemudian baru naik ke tembok yang ingin kita tuju. Nah, ini berbeda dengan parkour! Parkour tidak harus turun dulu dan mereka akan langsung berpindah dengan melompat gesit.

Parkour percaya akan kemampuan manusia yang mampu efisien dan melakukan hal-hal yang menakjubkan. Dengan latihan parkour, bahkan seseorang mampu melompat dari satu gedung ke gedung lainnya. Tentu hal ini harus dilakukan oleh orang yang sudah betul-betul terlatih dan profesional. Jika tidak, maka nyawa yang jadi taruhannya. Parkour seringkali juga dikaitkan dengan bela diri. Teknik-teknik pertarungan bisa memadukan parkour ini.

Teknik-teknik bela diri yang diterapkan dengan parkour bisa dilihat dalam berbagai film. Salah satu film hebat yang dikombinasikan dengan parkour adalah Brick Mansions . Saya masih ingat saat Lino (jagoan di film tersebut) melarikan diri dari kejaran para penjahat di apartemen yang tinggi. Ia loncat-loncat dari satu atap gedung ke gedung lainnya. Sungguh mengagumkan, jika Anda ingin tahu bagaimana adegan di film tersebut, bisa dilihat pada video di bawah ini!

Sejarah Tentang Parkour

Untuk bisa mencintai dan belajar lebih dalam tentang sesuatu, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang sejarah parkour itu sendiri.

Parkour pertama kali ditemukan oleh seorang pria berkebangsaan Prancis, yakni David Belle. Latihan parkour ini mempunyai tujuan agar pikiran dan tubuh seseorang menjadi efisien gerakannya, sehingga dapat menghadapi berbagai rintangan dalam bahaya. David Belle hanyalah seseorang yang memperkenalkan parkour itu ke seluruh dunia. Sehingga, kita kini mengenalnya secara populer, meskipun kebanyakan dari kita tidak bisa melakukannya.

David terinspirasi oleh ayahnya yang menjadi pemadam kebakaran militer. Ia selalu mempunyai bayangan dan imajinasi tentang kepahlawanan. Ayahnya selalu berpesan bahwa ia harus menjadi seseorang yang berguna. Terinspirasi dengan nasihat ayahnya tersebut, David selalu berlatih tentang metode natural dan halang rintang yang diajarkan ayahnya. Ia kemudian menciptakan sebuah skenario, dimana ia bisa melepaskan diri dari semua bahaya tersebut.

Saat berusia 15 tahun, David pindah ke sebuah kota di Prancis bernama Lisses. Di kota tersebut, banyak remaja yang mulai tertarik dengan kegiatan menakjubkan yang dilakukan oleh David. Akhirnya, mereka membuat grup parkour dan menjadi sebuah cikal bakal yang akan menyebar ke dunia. Perkembangan parkour secara hebat terjadi, setelah parkour ini dikenal di Inggris.

Sesungguhnya, olahraga yang begitu memukau ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, sebelum setiap pelakukanya mengenal kata “parkour” itu sendiri.  Namun demikian, David-lah yang memperkenalkannya ke dunia internasional. Dengan begitu, dikenal bahwa David Belle sebagai penemu olahraga parkour.

Kata “parkour” sendiri mempunyai arti berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Kata ini diambil dari kata “parcours du combatant” yang berarti pelatihan halang halang untuk militer. Keindahan gerakan tubuh menjadi daya tarik yang ditonjolkan dalam parkour ini. Namun tidak hanya sampai di situ, keindahan tersebut diimbangi dengan kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.

sejarah parkour

Parkour dan Beladiri

Parkour bisa kita kategorikan sebagai salah satu langkah-langkah untuk self-defence (bela diri) saat sedang dalam keadaan terdesak. Kita tentu tahu jika pertarungan merupakan bagian terhebat dalam beladiri untuk terus melawan. Nah, parkour ini mengambil bagian untuk flight alias kabur. Itulah mengapa, dalam film yang saya bahas di atas, seorang Lino tidak melakukan perlawanan secara sengit. Ya karena parkour memang diperuntukkan sebagai cara melepaskan dari dari kejaran yang berbahaya.

Parkour dan Filosofi Kehidupan

Apa hubungannya antara parkour dan filosofi kehidupan? Jika kita telisik lebih dalam, tentu kita dapat menemukan filosofi-filosofi hebat yang terkandung di dalam parkour. Hal ini bisa menjadi pelajaran untuk kehidupan kita.

Parkour sendiri adalah sebuah seni keindahan, dimana terjadi perpindahan dari satu titik ke titik selanjutnya. Perpindahan tersebut dilakukan secara gesit, terencana, terukur dan matang. Dengan begitu, semua rintangan yang ada di proses perpindahan tersebut, akan sangat mudah untuk dilalui. Meskipun pada prosesnya begitu melelahkan, tapi pada akhirnya terasa mudah dan indah.

Seperti itulah kehidupan kita, selayaknya parkour. Setiap manusia pasti diberikan halang rintang dalam kehidupannya. Pelajaran berharga dari parkour adalah supaya kita bisa melewati itu dengan sempurna. Lakukan dengan cara yang efisien, efektif dan menghasilkan keindahan. Dengan begitu, proses kehidupan ini akan terasa semakin nikmat untuk dijalani. Pada akhirnya, bahkan kita tidak akan keberatan untuk berkali-kali mengalaminya.

parkour di Indonesia

Perkembangan Parkour di Indonesia

Parkour tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ia berkembang pesat di seluruh dunia. Perkembangan ini terjadi di setiap wilayah, tidak terkecuali di Indonesia. Di negara kita, parkour dipandang sebagai sebuah hobi yang betul-betul menarik. Banyak komunitas-komunitas parkour bermunculan di setiap kota. Umumnya, mereka mempunyai tempat-tempat latihannya sendiri-sendiri.

Tahun 2007 merupakan tahun pertama kali dimana parkour berkembang di Indonesia. Parkour ini berkembang di bawah naungan Parkour Indonesia.

pikiran dan fisik di parkour

Perpaduan Antara Pikiran dan Gerakan Fisik

Parkour terlihat indah karena gerakan-gerakan hebat yang dilakukan oleh fisik. Namun demikian, kehebatan parkour ini tidak dapat terlepas dari kerja pikiran yang betul-betul terkonsentrasi.

Jika pikiran tidak konsentrasi, maka proses gerakan yang dilakukan dalam parkour tidak akan benar, bahkan cenderung membahayakan. Bagaimana tidak? Ketika parkour dilakukan pada medan berbahaya, seperti tembok yang agak tinggi, dapat membahayakan seseorang jika tidak konsentrasi. Orang yang melakukan parkour pada tembok ini, kemudian pikirannya terganggu maka bisa jatuh.

Dengan melihat fakta bahwa hubungan antara fisik dan pikiran pada olahraga ini, maka parkour bisa menjadi sarana untuk melatih berkonsentrasi. Intinya, kita akan mendapatkan banyak manfaat dari parkour, baik untuk kesehatan tubuh secara fisik, mental dan pikiran.

belajar parkour pemula

Bagaimana Belajar Parkour?

Poin ini hanya sebagai ulasan sederhana saja tentang cara belajar parkour. Untuk masalah teknis belajar parkour secara mendalam, maka akan dituliskan pada artikel terpisah.

Pelatihan dasar tentunya akan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan penguatan fisik. Bagaimana maksudnya? Anda harus melakukan latihan yang bertujuan untuk membuat fisik Anda menjadi semakin kuat dan kuat setiap waktunya. Ingatlah, parkour akan membutuhkan kekuatan fisik yang sangat prima. Beberapa latihan dasar yang bisa dilakukan antara lain adalah sit up, squad jump, push up dan sebagainya. Untuk memperkuat nafas dan daya tahan, Anda harus meningkatkan porsi latihan kardio (jogging atau bersepeda). Manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya tahan terhadap lelah, melatih pernafasan dan juga melatih jantung supaya lebih sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *