Perpaduan Seni dan Olahraga Parkour

Perpaduan Seni dan Olahraga Parkour

Perpaduan Seni dan Olahraga Parkour

Perpaduan seni dan olahraga parkour memang tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Parkour merupakan salah satu olahraga yang ekstrem dan tergolong paling sederhana dari segi perlengkapan. Aktivitas yang dilakukan adalah berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cepat dan efisien dengan menerapkan prinsip kelenturan tubuh.

Kalau Anda pernah melihat orang melakukan lompatan yang ekstrem di atas bangunan kota, mungkin saja mereka sedang latihan olahraga ini. Parkour mengandung gerakan yang memerlukan kecepatan dan ketepatan serta mengharuskan kalian untuk bergerak dari titik satu, ke titik lainya secepat mungkin.

Perpindahan gerakan tersebut juga diiringi dengan gerakan akrobatik seperti melompat, salto, dan lainnya. Simak lebih dekat mengenai seni dan olahraga Parkour.

Indahnya Perpaduan Seni dan Olahraga Parkour

Mengenal Lebih Dekat Olahraga Parkour

Olahraga parkour berasal dari program latihan untuk French Spesial Force dan dikenal dengan nama Parcours Du Combattant. Tahun ke tahun, gerakan dalam olahraga ini terus berubah dan semakin inovatif. Jadi tidak hanya melompat dari titik satu ke titik lain, tetapi juga dikombinasikan dengan seni dan olahraga parkour, terutama seni beladiri.

Misalnya dengan melakukan Parkour dengan teknik-teknik dan dasar seni beladiri seperti karate dan seni beladiri lainnya, didalam olahraga parkour perlu adanya seni beladiri agar mencegah cidera saat melakukan lompatan yang ekstrim, atau gerakan lainnya serta menghasilkan gerakan yang indah. Tentunya kegiatan ini sangat menarik dan patut dicoba untuk Anda yang ingin olahraga ekstrem tetai tidak perlu ribet.

Parkour dan Seni

Olahraga parkour ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Parkour memiliki arti bergerak, dimana olahraga ini memerlukan kekuatan fisik dan gerakan yang menjalaninya. Pergerakan di dalam olahraga Parkour sangat menantang, menggunakan tekhnik berpindah tempat sari satu tempat ke tempat lain, menggunakan prinsip dari parkour dan mengedepankan keindahan gerak seni dan diimbangi kemampuan bergerak dari tubuh sendiri.

Olahraga ini bukanlah olahraga baru, sebelumnya olahraga ini lebih dikenal dengan sebutan free running. Atlet yang memperkenalkannya adalah David Belle asal Perancis. Walaupun tergolong olahraga ekstrim, Parkour juga memiliki nilai-nilai positif yang bisa diambil yaitu seni berguna untuk melewati semua rintangan dan masalah dalam kehidupan.

Inti Dari Parkour

Melawan rasa takut sendiri, bangkit dari kegegelan, fleksibilitas dan mengalir, serta kebebasan dan kreativitas. Rasa takut itu bisa Anda takhlukan dengan rasa percaya diri dari diri Anda sendiri. Gerakan yang ada pada olahraga ini sering digunakan dalam film laga, contohnya seperti Jump Britain 1 dan 2, District 13, dan masih banyak lagi film lainnya.

Dengan Pembelajaran dari beberapa informasi yang benar mengenai originalitas tentang parkour dari sumber-sumber terpercaya, lambat laun Parkour akan menjadi sebuah kebutuhan dan disiplin dalam setiap traceur. Dalam Parkour sendiri tidak adanya istilah kejuaraan, inilah yang merupakan kelebihan Parkour. Tapi lomba itu sebenarnya adalah lomba dengan diri sendiri melawan rasa takut.

Melihat keindahan seni dan olahraga parkour pasti akan membuat siapa saja yang menyaksikannya menjadi takjub, apalagi jika bisa merasakan sensasi melakukan atraksi ini sendiri. Sudah ada banyak komunitas parkour yang tersebar di berbagai penjuru daerah yang bisa Anda ikuti, jika Anda berminat untuk mencoba. Bagi pemula, memang lebih baik untuk memulai dengan dibimbing orang yang sudah profesional di bidang parkour.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *