Hal-hal Wajib Sebelum Memutuskan Parkour

persiapan parkour

Seperti yang banyak orang bilang, parkour terlihat sebagai sebuah olahraga yang begitu ekstrim. Faktanya, parkour tidak demikian adanya. Parkour adalah sebuah olahraga yang harus penuh perhitungan dan penuh keberanian. Tujuan utama parkour sebetulnya adalah sebagai langkah gerakanĀ self-defence atau bela diri. Selain diharapkan untuk bermanfaat bagi diri sendiri, gerakan-gerakan parkour ini diharapkan mampu bermanfaat juga untuk orang lain.

Untuk menjadi seorang praktisi parkour yang handal, Anda tidak boleh meremehkan langkah-langkah strategis yang mengiringinya. Hal ini untuk membentuk dasar-dasar pribadi untuk menjadi seorang praktisi yang mahir dalam parkour. Tidak hanya mahir secara fisik saja, namun juga diiringi dengan kemahiran pada bidang mental dan pemikiran.

Hal-hal Yang Diperlukan Sebelum Parkour

Sebelum Anda memulai parkour, pastikan Anda sudah mantap memiliki hal-hal berikut:

Memiliki Niat

Apapun yang kita lakukan harus dibarengi dengan niat yang betul-betul lurus dan sempurna. Tanpa adanya niat, kita tidak akan mendapatkan apa yang selama ini idam-idamkan. Misalnya, kita ingin menjadi seorang yang kaya raya, namun kita tidak mempunyai niat untuk menuju ke sana, maka sama saja bohong. Seseorang yang ingin menjadi orang kaya dan tidak ada niat, ia cenderung hidup dengan lamunan-lamunan dan khayalannya. Sedangkan, jika mimpi dibarengi dengan niat dan tekad yang kuat, maka kita akan mengaplikasikan mimpi tersebut lewat proses-proses yang memang seharusnya dihadapi.

Intinya, kita harus betul-betul paham bahwa niat merupakan suatu dasar dari sesuatu. Dasar-dasar ini tidak boleh ternoda oleh apapun, sehingga kita melenceng dari tujuan awal. Pastikan niat Anda lurus sebelum memulai untuk terjun dalam dunia parkour. Jangan sampai, Anda ragu-ragu karenanya.

Keingin Tahuan

Rasa ingin tahu tentu akan mendorong kita untuk semakin belajar dan belajar lagi. Perasaan ingin tahu ini sangat diperlukan bagi siapapun yang ingin maju. Tanpa rasa ingin tahu yang besar dan berkobar dalam dadanya, maka ia tidak akan bisa menggali potensi dirinya. Bagaimana bisa mencari tahu, kemudian menjadi tahu, jika keinginan untuk tahu itu sendiri tidak ada!

Dalam dunia parkour, rasa ingin tahu Anda harus diekspresikan secara sempurna. Mungkin Anda akan terus menerus mencari tahu tentang cara melakukan sebuah teknik dengan baik. Perasaan ini akan mendorong Anda untuk belajar pada orang yang jauh lebih ahli. Anda juga mungkin akan mencari video-video tentang teknik-teknik parkour tersebut di internet.

Hilangkan Rasa Khawatir

Rasa khawatir merupakan tekanan terhadap seseorang dan bisa menghalanginya untuk menjadi seseorang yang maju dan berkembang. Untuk itu, rasa khawatir harus betul-betul ditekan, bahkan dihilangkan. Jika Anda bercita-cita untuk bisa parkour, namun dipenuhi rasa khawatir, percayalah hal tersebut tidak akan pernah terwujud. Kita semua tahu, parkour banyak melakukan hal-hal ekstrim, seperti loncat dari gedung A ke gedung B. Hal ini memang tidak bisa langsung dilakukan begitu saja.

Latihan dan berbagai hal yang Anda lakukan tidak akan terlalu berarti apa-apa, jika Anda sendiri tidak mampu mengendalikan rasa khawatir. Sekuat apapun daya tahan fisik Anda, jika mental Anda masih dikuasai rasa khawatir, maka itu bukanlah sesuatu yang baik untuk memulai. Tanamkan keyakinan pada jiwa, bahwa Anda patut mencoba dan mampu melakukannya. Jika orang lain mampu, mengapa kita tidak mampu! Bukankah manusia diciptakan sama?

Ulet dan Pantang Menyerah

Jika Anda memang suka dengan parkour, tentu Anda pernah nonton film Brick Mansions. Di film itu, Lino yang diperankan oleh orang yang mempopulerkan parkour itu sendiri, yakni David Belle. Lino mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk melakukan manuver dalam berpindah dari suatu gedung ke gedung lainnya. Gerakan ini pastinya sangat mengagumkan dan membuat Anda ingin segera menguasainya.

Seorang David Belle mendapatkan ketangkasan dan kemampuan dalam berlari, berlompat dan gerakan lainnya adalah hasil dari latihan panjang. Bisa Anda bayangkan, jika saat pertama kali ia gagal kemudian dia menyerah! Tentu dia tidak akan terkenal seperti sekarang ini sebagai seseorang yang mempopulerkan gerakan parkour ke seluruh dunia. Untuk itu, parkour bukan sebuah proses yang instan. Anda membutuhkan sikap pantang menyerah dan ulet.

Hilangkan Rasa Rendah Diri

Apakah Anda gemuk, tetapi ingin bisa berlatih parkour? Bisa kok, Anda jangan sampai rendah diri! Parkour memang membutuhkan tubuh yang mempunyai berat ideal, supaya pergerakannya efisien dan memang ringan. Lantas, bagaimana dengan orang yang gemuk? Mengapa Anda tidak berpikir untuk memulai penurunan berat badan terlebih dahulu?

Semua orang bisa berlatih dan menjadi mahir. Jangan sampai, keterbatasan yang Anda miliki, menjadikan Anda rendah diri dan tidak berani untuk memulai langkah nyata dalam parkour. Jangan pernah berpikir, bahwa keterbatasan fisik bisa membatasi mimpi-mimpi seseorang. Bahkan, kebanyakan dari mereka menjadi orang-orang hebat. Salah satunya adalah Nick Vujicic yang tidak memiliki lengan dan kaki.

Berani Menjadi Kuat

Siapa sih yang tidak berani untuk menjadi kuat? Tentu saja setiap orang ingin memiliki kekuatan tersebut. Maksud berani menjadi kuat yang dibahas di sini adalah, segera memulai melangkah. Banyak orang yang tidak memulai, karena merasa bahwa tubuh mereka lemah dan tidak mampu untuk melakukan gerakan-gerakan parkour ini.

Ketika Anda sudah mulai belajar parkour, maka tubuh akan menjadi kuat dan mental juga menjadi hebat. Hal ini hanya akan terjadi, jika Anda memumulainya. Jadi, berani untuk memulai adalah berani untuk menjadi kuat secara alamiah.

Beranikah Anda untuk menjadi kuat?

Berani Kotor Itu Baik

Pernah mendengar tagline sebuah iklan tersebut? Ya! Dalam belajar parkour tentu Anda harus berani kotor. Apalagi, bagi seorangĀ first timer yang masih sangat bergelut dengan hal-hal yang mendasar. Medan yang akan Anda jadikan tempat berlatih adalah lantai, tanah, aspal dan berbagai hal lainnya yang mungkin mengandung hal kotor.

Berani kotor dalam belajar merupakan sesuatu yang sangat membanggakan. Jadi, Anda tidak boleh melewatkan hal ini! Selalu tanamkan dalam diri, bahwa semua yang Anda lalu sekarang merupakan sebuah proses untuk sesuatu yang akan Anda dapatkan di masa depan.

Terus Melakukan Latihan

Hal ini sebetulnya masih sejalan dengan poin “ulet” di atas. Anda harus betul-betul melawan rasa bosan dalam berlatih. Bagaimana Anda bisa menjadi mahir, jika tidak berlatih secara konsisten dan berkesinambungan. Latihan merupakan pilar bagi Anda, untuk mendapatkan kemampuan yang mumpuni dalam melakukan parkour.

Terkadang, banyak orang bosan dalam melakukan latihan, karena merasa kesulitan. Hal buruk yang diakibatkan oleh berhentinya latihan adalah tidak meningkatnya kemampuan. Bahkan, kemampuan yang tadinya sudah dikuasai pun bisa betul-betu hilang, karena tidak terlatih dengan baik. Pikiran bawah sadar lama kelamaan akan menghapus kemampuan tersebut, karena dianggap tidak penting.

Bagaimana? Apakah Anda sudah mempunyai pilar-pilar penting di atas untuk terjun pada dunia parkour?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *