Siap Naik Level Melakukan Gerakan Cat Leap

Anda tentu saja tidak mau menguasai gerakan-gerakan dasar parkour saja, bukan? Dalam pikiran, pasti ingin bisa melakukan gerakan akrobatik parkour seperti yang dilakukan oleh profesional di beberapa film.

Harus diakui kebanyakan orang yang suka parkour itu berasal dari ketertarikan menonton film seperti Brick Mansions, District 13, Tracers, dan beberapa film action lainnya. Pasti keren sekali melihat orang yang dengan lincah memajat gedung dengan gerakan-gerakan tertentu, serta menghindari rintangan dengan sangat cepat. Apalagi ditambah dengan teknik shooting gambar sehingga membuat siapa saja ingin sekali menguasai gerakan parkour seperti di film.

Mungkin Anda pun suka parkour setelah menonton film seperti itu. Dan Anda sudah mengusai gerakan dasar parkour. Saatnya naik level.

Kapan Cat Leap Digunakan?

Gerakan parkour itu dilakukan bukan hanya nilai seni yang terlihat. Lebih dari itu, gerakan tertentu digunakan sesuai dengan rintangan yang dihadapi.

Contohnya saja vaulting. Ini merupakan gerakan yang digunakan untuk melewati rintangan seperti tembok yang tidak terlalu tinggi. Antara tanah dengan tembok tersebut dalam satu level.

Jika yang Anda akan lewati adalah sebuah tembok yang tinggi atau bahkan Anda berada di atas gedung, maka Anda perlu menggunakan gerakan cat leap.

Pada dasarnya, gerakan ini digunakan agar Anda bisa melewati rintangan seperti tembok yang sangat tinggi. Anda bisa lihat gerakan para pemain parkour ketika mereka berada di atas atap dan mereka ingin berpindah dari satu banguan satu dengan bangunan yang lain dengan tinggi yang berbeda.

Atau gerakan cat leap ini juga digunakan untuk menaiki sebuah bangunan yang tinggi. Jadi, Anda hanya memanfaatkan tembok serta permukaan yang bisa Anda gunakan untuk pegangan tangan.

Langkah Melakukan Gerakan Cat Leap

Sekarang Anda sudah tahu kapan gerakan parkour cat leap ini digunakan. Lalu, bagaimana melakukan gerakan ini?

  • Meloncat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gerakan parkour yang satu ini digunakan untuk menaiki rintangan seperti tembok yang tinggi. Gerakan ini juga bisa digunakan untuk berpindar dari atap gedung satu ke gedung lainnya di mana salah satu atapnya lebih tinggi.

Oleh sebab itu, langkah yang Anda harus lakukan pertama kali adalah loncat.

  • Kedua Tangan Memegang Permukaan

Tidak seperti monkey vault di mana Anda langsung melangkahkan kaki ke atas rintangan. Namun, Anda perlu memegang permukaan rintangan seperti tembok dengan menggunakan kedua tangan.

Langkah ini sangat penting agar menahan tubuh Anda tidak terjatuh. Bisa dikatakan kekuatan tangan sangat menentukan bagaimana Anda bisa melakukan gerakan cat leap ini.

  • Kaki Memanjat Pada Tembok

Setelah Anda melompat dan menahan tubuh dengan tangan berada di permukaan rintangan, kaki Anda menapak pada tembok untuk membantu kedua tangan Anda menahan badan agar tidak terjatuh. Setelah itu, gerakan tangan dan kaki secara bersamaan untuk mengangkat badan ke atas permukaan rintangan.

Anda bisa praktekkan langkah-langkah tersebut secara berulang-ulang agar Anda terbiasa melakukan gerakan cat leap.

Menghindari Cedera Yang Bisa Terjadi Saat Cat Leap

Saat bermain parkour, cedera itu sangat mungkin terjadi. Apalagi jika Anda mencoba melakukan gerakan cat leap yang cukup sulit ini.

Sebagai ajang coba-coba, Anda bisa gunakan tanah yang lapang dengan rintangan berupa tembok yang tinggi. Jadi, kalau Anda terjatuh, Anda tidak terluka terlalu parah. Lain hal jika Anda berada di atas atap sebuah gedung bertingkat dan Anda ingin mempraktekkan cat leap ini dengan melompat ke atap gedung lainnya. Untuk area seperti ini, sebaiknya Anda lakukan jika sudah mahir dalam melakukan gerakan cat leap.

Selain itu, untuk menghindari cedera saat melakukan gerakan cat leap, sebaiknya Anda melakukan pemanasan dulu, terutama untuk menguatkan telapak tangan. Pasalnya, gerakan parkour cat leap ini lebih menekankan pada kekuatan telapak tangan yang kuat lantaran tanganlah yang digunakan untuk menahan tubuh serta mengangkat tubuh ke permukaan.

Namun, selain kekuatan tangan, Anda juga harus pastikan permukaan rintangan bisa Anda gunakan untuk pegangan. Ini sangat penting agar Anda tidak terjatuh.

Meskipun kekuatan tangan sangat penting, Anda juga tidak boleh menyepelekan kaki. Anda harus gunakan sepatu dengan permukaan sol yang tidak licin supaya kaki Anda bisa menapak ke tembok sehingga bisa membantu tangan untuk menahan tubuh agar tidak terjatuh.

Itulah beberapa catatan yang harus Anda ketahui agar cedera saat melakukan gerakan cat leap tidak terjadi. Meskipun demikian, tetap saja mental serta keberanian merupakan kuncinya. Tidak ada gerakan parkour yang bisa Anda lakukan dengan sempurna tanpa adanya mental yang kuat serta keberanian. Apalagi cat leap merupakan salah satu gerakan parkour yang cukup sulit.

Mungkin Anda harus menguasi gerakan dasar parkour sampai mahir terlebih dahulu. Kuasai variasi gerakan vault mulai dari monkey vault, dash vault, hingga vaulting yang sangat sulit yaitu reverse vault. Setelah Anda menguasai semuanya, Anda bisa coba cat leap. Awalnya, gunakan area yang datar dan yang lebih aman. Setelah, cari tempat yang lebih tinggi.

Perkembangan Anda dalam bermain parkour tidak hanya ditentukan oleh ketekunan Anda dalam belajar serta mempraktekkan teknik gerakan parkour. Tapi juga dari challenge yang Anda hadapi.

Sebaiknya Anda bergabung di sebuah komunitas parkour yang ada di sekitar tempat Anda tinggal. Dengan demikian, Anda bisa termotivasi untuk lebih baik karena banyak teman yang bisa Anda contek gerakannya.

Pada dasarnya, gerakan-gerakan parkour itu sama saja. Hanya saja, dalam prakteknya, terkadang ada variasi dan improvisasi sehingga gerakan tidak terlihat simple dan mudah dilakukan. Ada kesan art atau seni di dalam setiap gerakan yang dilakukan. Inilah yang menjadi PR Anda ketika belajar parkour.

Mungkin setiap pemain parkour akan menggunakan gerakan yang berbeda untuk melewati rintangan yang sama. Ini tergantung sense of art di dalam diri mereka ketika melewati rintangan tersebut. Dan ini juga harus diasah. Semakin sering Anda berlatih parkour, maka semakin baik, efektif, efisien, serta indah gerakan yang Anda lakukan.

Memang menurut asal usulnya, parkour adalah olahraga halang rintang. Tujuannya agar seseorang bisa lari melewati rintangan dengan efektif. Gerakan-gerakan yang digunakan akan membuat ia lari sangat cepat walaupun ada rintangan yang berbeda menghadang.

Namun, pada perkembangannya, terdapat unsur seni pada olahraga parkour. Semakin banyak gerakan yang muncul. Bukan tidak mungkin suatu saat nanti ada juga gerakan parkour baru yang ditemukan.

Oleh sebab itu, dibutuhkan improvisasi dalam melakukan gerakan parkour. Anda tidak bisa berhenti hanya belajar gerakan-gerakan dasar parkour saja. Anda harus terus berlatih agar gerakan Anda semakin efektif dan semakin indah dilihat orang lain. Barangkali saja Anda lah orang yang menemukan gerakan baru dalam olahraga parkour suatu hari nanti.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *