Siapa Sangka Hal Sederhana Inilah Yang Menjadi Asal-Usul Parkour

Ada yang bilang parkour itu olahraga jalanan, terkesan kurang baik, dan resiko cidera sangat tinggi. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tua yang tidak terlalu setuju jika anak mereka suka bermain olahraga yang satu ini.

Apakah pemahaman Anda tentang olahraga yang satu ini juga sama? Jika ya, Anda akan berubah pikiran jika tahu asal-usul parkour. Siapa sangka jika olahraga ini bertujuan sangat baik. Dan inilah yang terjadi. Banyak orang yang ahli di olahraga parkour akhirnya mendapatkan manfaat, tidak hanya untuk menjaga kesehatan dan juga stamina.

Peran Seorang Ayah Bermana Raymond Belle

Anda silakan cek sejarah olahraga parkour. Maka Anda akan menemukan nama David Belle. Betul sekali. Memang dialah yang dianggap sebagai penemu olahraga parkour. Namun, bagaimana pun juga, ada hal yang mendasari dan menjadi penyebab kenapa David menemukan olahraga ini.

Adalah ayahnya yang bernama Raymond Bella yang menginspirasi David untuk tekun dan akhirnya menemukan olahraga Parkour. Pada awalnya, Raymond hanya mengajari David tentang bagaimana bisa meloloskan diri saat keadaan yang sangat berbahaya seperti ketika terjadi kebakaran, kejahatan di jalan, dan lain sebagainya. Itulah awal kenapa muncul olahraga parkour.

Sang ayah mengajari gerakan dan juga latihan halang rintang seusia David pulang sekolah. Pada waktu itu, belum terpikirkan bawasannya gerakan yang ia latih kepada anaknya tersebut akan menjadi sebuah olahraga seperti saat ini. Raymond hanya mengajari bagaimana agar anaknya bisa lolos dari bahaya yang mungkin saja terjadi.

Dalam hal ini, tahukah Anda kenapa Raymond mengajari hal ini? Tidak lagi, ini disebabkan oleh nalurinya sebagai tentara Perancis. Sebagai seorang ayah yang mengerti betul bahaya yang bisa saja dihadapi oleh anaknya tersebut, maka ia pun memberikan pelatihan gerakan halang rintang.

Jadi, siapa bilang parkour itu olahraga jalanan, terkesan urakan, dan tidak ada baik untuk anak-anak? Justru pada awalnya olahraga ini memang diperuntukkan untuk anak-anak, bukan?

Nama Parkour

Sebenarnya ada sejarah yang bisa dikatakan kurang baik saat awal ditemukan nama parkour. David Belle memutuskan untuk putus sekolah pada usianya yang baru 16 tahun. Gairah mudanya membuat David lebih tertarik dengan olahraga parkour daripada duduk diam di dalam sekolah. Bagi David, kebebasan hanya ia bisa rasakan dan dapatkan ketika bermain parkour. Dan sekolah merupakan lawan dari kebebasan.

Akan tetapi, hal ini tidak lantas membuat parkour terkesan sebagai olahraga yang hanya dilakukan oleh anak atau orang yang memiliki jiwa pemberontak seperti David. Sayangnya, kesan itu memang ada hingga sekarang. Padahal, jika dilihat dari asal usul olahraga parkour, bukan itu intinya. Olahraga ini sebagai alternatif bagi mereka yang tidak memiliki fisik kuat untuk melakukan bela diri ketika keadaan berbahaya.

Itulah mengapa parkour juga disebut dengan free-running atau lari bebas. Artinya, ketika pada kondisi tertentu, seseorang bisa menerapkan teknik parkour untuk melarikan diri.

Terlepas dari itu semua, nama parkour ini muncul ketika ada sebuah komunitas yang dinamakan dengan Yamakasi. Ini merupakan komunitas pecinta parkour pertama di Perancis. Dan tentu saja David Belle berpengaruh penting di dalam komunitas tersebut. Lebih dari itu, ia juga sangat berpengaruh terharap prinsip-prinsip parkour.

Komunitas ini berkembang sangat pesat hingga akhirnya ada dua orang yang dianggap sebagai kiblatnya parkour. Tidak hanya David Belle, tapi juga Sebastian Foucan.

Sayangnya, kedua orang ini berselisih mengenai prinsip gerakan parkour. Bagi David, prinsip parkour itu lebih menekankan pada gerakan efektif dan efisien, seperti yang diajarkan oleh ayahnya. Sementara itu, bagi Sebastian, parkour tidak hanya berupa gerakan efektif, tapi juga gerakan akrobatik dan indah.

Inilah letak perbedaan antara parkour ala David dan Sebasitan. Akhirnya, mereka berdua keluar dari komunitas Yamakasi karena perbedaan tersebut.

Parkour Pada Zaman Sekarang

Setelah belajar sejarah parkour, Anda juga perlu tahu bagaimana perkembangan olahraga parkour ini pada zaman sekarang. Apakah masih sama sesuai dengan sejarahnya?

Harus diakui, parkour sekarang ini lebih bersifat style. Olahraga yang tidak hanya menekankan pada kekuatan fisik saja, namun juga seni. Bisa dikatakan, prinsip parkour ala Sebastian yang banyak digunakan saat ini.

Yang pasti, sekarang ini sudah banyak anak-anak muda yang mengerti betapa pentingnya melakukan olahraga yang satu ini. Selain mendapatkan imej sebagai anak muda yang penuh dengan freedom atau kebebasan, mereka juga mendapatkan manfaat, secara fisik dan juga psikis dari olahraga parkour ini.

Apalagi sekarang pecinta parkour pun bisa mendapatkan rejeki dari melakukan hobi yang satu ini. Lihat saja semakin banyak film yang menggunakan pemeran figuran atau pemeran tambahan yang bisa melakukan parkour.

Dan satu lagi. Sekarang ini tidak hanya anak laki-laki saja lho yang suka dengan olahraga parkour ini. Tidak sedikit juga wanita yang suka olahraga yang satu ini. Apalagi bagi mereka yang tahu asal-usul parkour sebagai olahraga yang bisa membuat mereka bisa lolos dari kejahatan, mereka pasti dengan penuh semangat terus mengembangkan kemampuan mereka dalam melakukan gerakan parkour ini.

Sekarang, ini, sudah banyak komunitas pecinta parkour yang ada di berbagai kota di Indonesia. Walaupun tidak ada kompetisi secara formal namun banyak yang suka dengan olahraga ini. Hal ini menunjukkan betapa olahraga parkour memberikan manfaat bagi mereka yang suka dengan olahraga ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *