Yuk, Belajar Variasi Gerakan Vaulting Parkour

Salah satu gerakan parkour yang mudah namun menarik untuk dilihat adalah vaulting. Anda harus ingat parkour bukan hanya free running atau olahraga lari, tapi juga dipadukan dengan keindahan. Ada seni di dalamnya. Oleh sebab itu, tidak semua gerakan bisa dilakukan begitu saja. Anda harus tahu tekniknya.

Dan kali ini, Anda bisa belajar melakukan variasi gerakan parkour. Pada dasarnya, vaulting merupakan gerakan yang dilakukan untuk melewati rintangan yang tidak terlalu tinggi seperti meja, pagar, tembok rendah, dan lain sebagainya. Anda menggunakan kaki dan juga kekuatan tangan untuk melewati rintangan tersebut.

Anda tinggal menerapkan teknik-teknik tertentu berikut ini agar gerakan melompati rintangan tersebut terlihat efektif dan indah.

Safety Vault Gerakan Vaulting Untuk Pemula

Kelihatannya melakukan vaulting itu mudah untuk dilakukan. Namun, siapa sangka jika resiko cedera bisa saja terjadi.

Memang yang dibutuhkan hanyalah kekuatan kaki dan tangan. Itu saja. Tapi, cedera pada lengan, kaki, dan bahkan punggung bisa saja terjadi jika tidak memperhatikan tekniknya.

Untuk pemula, ada yang disebut dengan safety vault. Ini adalah gerakan yang paling aman yang biasanya diajarkan oleh profesional parkour kepada mereka yang baru saja mulai belajar parkour.

3 langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Salah satu tangan memegang rintangan yang ada di depan
  2. Lompat dengan menggunakan satu kaki
  3. Mendaratkan tubuh dengan kaki satu kaki

Mudah, bukan?

Namum, yang harus diperhatikan adalah tinggi rintangan yang harus Anda taklukkan. Anda harus pastikan memiliki space yang cukup untuk mengangkat badan karena inilah yang paling menentukan seberapa tinggi Anda melompat. Dan pastikan Anda menggunakan satu tangan saja, entah itu tangan kanan atau tangan kiri. Dengan menggunakan satu tangan saja, maka Anda bisa lebih mudah untuk mengangkat badan setinggi rintangan yang Anda harus hadapi.

Naik Level Dengan Gerakan Vault Akrobatik

Sebelum Anda mencoba beberapa gerakan parkour vault berikut ini, sebaiknya Anda pastikan sudah terbiasa dengan safety vault. Ulangi terus menerus dan pilihlah rintangan yang berbeda-beda.

Jika Anda sudah merasa mantap dengan safety vault, Anda bisa mencoba gerakan vault lainnya yang akan membuat Anda naik level. Pasalnya, gerakan vault tidak hanya berupa gerakan mengangkat badan dengan bantuan tangan saja. Harus ada nilai seninya dalam melakukan gerakan tersebut.

  • Monkey Vault

Sebelumnya, Anda harus tahu dulu resiko melakukan gerakan monkey. Jika lompatan Anda tidak sempurna, maka Anda akan terjatuh dengan kemungkinan posisi kepala jatuh ke tanah terlebih dahulu.

Jadi, Anda harus hati-hati melakukan gerakan monkey vault ini. Akan lebih baik jika Anda perhatikan dulu teknik gerakan parkour yang satu ini.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jarak antara titik lompatan dengan rintangan. Jangan terlalu dekat dan juga jangan terlalu jauh. Jika terlalu dekat maka Anda akan kesulitan untuk melakukan lompatan. Sementara itu, jika terlalu jauh, maka kemungkinan lompatan Anda akan gagal dan Anda akan terjatuh.

Yang kedua, Anda harus pastikan kedua tangan Anda berada menyentuh rintangan. Kedua tangan inilah yang digunakan untuk mengangkat tubuh Anda.

Dan yang terakhir adalah mengankat kedua kaki secara bersamaan. Gerakannya hampir seperti monyet yang sedang berlari. Yaitu dengan tangan memegang rintangan dan melakukan lompatan dengan kedua kaki bersamaan.

Yang harus menjadi catatan adalah ketika Anda melompat, Anda harus memposisikan punggung sejajar dengan kepala. Artinya, kepala dan punggung harus sejajar agar lompatan Anda sempurna dan bisa melewati rintangan. Silakan Anda pratekkan.

  • Dash Vault

Gerakan parkour yang satu ini memang hanya dilakukan oleh orang yang sudah mahir dalam melakukan parkour. Gerakannya hampir sama dengan monkey vault. Hanya saja, ada satu perbedaan. Jika monkey vault harus menggunakan tangan dulu baru kemudian melompat, dash vault sebaliknya. Anda melompat dulu baru menggunakan tangan untuk mengangkat badan melewati rintangan.

Jadi, yang terpenting dalam gerakan vault ini adalah kekuatan kaki untuk melompat. Jika Anda yakin bisa melewati rintangan dengan sekali lompatan, maka Anda berhasil melakukan dash vault ini.

Langkah yang pertama, Anda perlu melakukan lompatan dengan mengangkat satu kaki kemudian diikuti oleh kaki yang satunya lagi. Langkah selanjutnya, ketika Anda sudah berada di atas rintangan dan hampir landing, kedua tangan Anda berada di atas rintangan. Gunanya agar landing Anda sempurna dan Anda tidak melakukan landing yang terlalu keras.

  • Side Vault

Gerakan parkour ini berbeda dengan dua vault sebelumnya. Jika Anda melakukan gerakan monkey vault dan dash vault, kedua kaki Anda berada sejajar dengan tubuh Anda. Sementara itu, side vault ini gerakan parkour di mana kaki Anda mengayun ke arah samping.

Gerakannya hampir sama dengan monkey vault. Anda gunakan kedua tangan dan letakkan di atas rintangan untuk mengangkat badan Anda. Kemudian, angkat kedua kaki Anda bersamaan lalu ayunkan ke arah kanan atau kiri.

Sederhana, bukan?

Gerakan ini justru lebih aman dibandingkan dengan monkey vault atau dash vault. Jika Anda tidak yakin bisa melewati rintangan karena terlalu tinggi, Anda bisa gunakan gerakan side vault ini.

  • Reverse Vault

Gerakan vault parkour ini sangat menarik. Tidak hanya melakukan lompatan seperti vault biasa, tapi juga memutar tubuh. Itulah mengapa gerakan ini disebut dengan reverse vault.

Bagaimana caranya?

Pertama-tama, Anda gunakan kedua tangan untuk memegang rintangan. Ini juga dilakukan untuk mengangkat badan Anda. Akan tetapi, ada yang beda pada posisi kedua tangan Anda. Telapak tangan Anda harus menghadap sedikit seorang, entah ke kanan atau ke kiri, tergantung ke arah mana Anda akan melakukan reverse. Jika reverse ke arah kanan, maka telapak tangan Anda sedikit serong ke kiri. Begitu sebaliknya.

Kemudian, Anda bisa lompat sambil memutar tubuh Anda. Agar pendaratan sempurna, Anda harus menekan tubuh Anda ke atas dengan menggunakan kedua tangan Anda ketika sedang jumping.

Dalam melakukan reverse vault ini, tangan Anda harus benar-benar kuat. Pasalnya, tangan Anda tidak hanya digunakan untuk menopang tubuh Anda, tapi juga harus memutar tubuh sembari memberikan tekanan ke atas pada tubuh Anda.

Itulah beberapa gerakan vault dalam olahraga parkour. Anda terapkan tutorial tersebut atau lihat video tutorial gerakan vault. Namun, tetap saja Anda sebaiknya ditemani oleh instruktur profesional ketika melakukan gerakan-gerakan vault ini. Hal ini penting agar cedera apapun bisa diminimalisir.

Tentunya dalam melakuan olahraga parkour, tidak hanya gerakan vault saja yang bisa Anda gunakan. Semakin variatif gerakan parkour yang Anda gunakan, maka semakin indah gerakan yang Anda lakukan.

Dan keputusan Anda untuk menentukan gerakan itu tergantung juga dengan rintangan yang harus Anda lewati. Jadi, semakin banyak variasi gerakan parkour yang Anda kuasai, maka semakin banyak jenis rintangan yang bisa Anda lewati.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *