3 Fakta Untuk Membakar Lemak Tubuh Lebih Efektif

3 Fakta Untuk Membakar Lemak Tubuh Lebih Efektif

Kesehatan tubuh memang merupakan prioritas utama. Karena dengan memiliki tubuh yang sehat, Anda bisa melakukan semua kegiatan dengan baik. Namun kesehatan tubuh tidak serta merta bisa didapat hanya dengan membalikkan telapak tangan. Menjaga kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan yang sehat serta berolahraga secara teratur.

3 Fakta Untuk Membakar Lemak Tubuh Lebih Efektif

Salah satu indikasi tubuh sehat adalah memiliki berat badan ideal. Banyak orang yang menginginkan untuk mencapai berat badan ideal dengan melakukan diet mati-matian maupun latihan-latihan khusus untuk membakar lemak. Namun banyak diantara mereka yang masih belum menyadari bahwa kegiatan tersebut membutuhkan bimbingan ahli. Karena diet maupun latihan fisik yang dilakukan tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Banyak pula yang menggunakan pil-pil atau ramuan yang menjanjikan perubahan berat badan secara drastis Namun ternyata hasilnya malah merugikan kesehatan. Selain itu banyak juga yang melakukan latihan fisik yang menguras tenaga hanya untuk membakar lemak, padahal hal ini tidak sepenuhnya benar. Agar hasil olahraga serta latihan fisik yang Anda lakukan tidak mengecewakan, sebaiknya Anda memperhatikan tiga fakta berikut.

Baca juga artikel kami mengenai jasa penulis artikel

1. Membakar lemak tanpa kelelahan

Untuk membakar lemak dengan lebih efisien dahulukan latihan beban baru kemudian cardio. Banyak yang beranggapan bahwa melakukan latihan kardio terlebih dahulu akan membakar lemak lebih banyak. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, Anda akan merasa lemas dan kekurangan tenaga jika melakukan latihan kardio terlebih dulu. Hal ini disebabkan selama 30 hingga 45 menit latihan kardio maka akan membakar gula darah. Maka ketika latihan beban, tubuh akan mengambil energi dari protein yang ada dalam otot karena gula darah telah habis dibakar pada latihan awal tadi.

Dengan melakukan latihan beban terlebih dahulu, maka tersedia cukup energi untuk membakar lemak lebih banyak. Kemudian setelahnya lakukan latihan cardio sesuai petunjuk trainer. Pada saat latihan cardio, 10 hingga 15 menit pertama Anda akan merasa lapar namun tidak terlalu lelah. Anda akan tetap bisa berbicara meskipun terputus-putus, teruskanlah latihan ini. Karena itu adalah tanda bahwa tubuh sedang membakar lemak.

2. Pastikan membakar lemak pada weight management zone

Adakalanya orang beranggapan bahwa olahraga yang menghasilkan banyak keringat maka lemak yang dibakar dalam tubuh semakin banyak. Padahal anggapan ini tidak benar! Tidak melakukan olahraga pun, seseorang bisa mengeluarkan keringat. Karena keringat merupakan cairan tubuh yang dikeluarkan untuk menjaga tubuh agar suhunya tetap normal. Bahkan pada saat berolahraga Anda harus menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

Baca juga artikel kami lainya mengenai inilah khasiat ikan tuna bagi kesehatan manusia

Untuk memastikan bahwa olahraga yang Anda lakukan telah banyak membakar lemak, gunakan alat penghitung detak jantung. Dengan melakukan olahraga kardio pada zona 60-70 MHR (Maximum Heart Race) maka akan membakar lemak dengan efektif.

3. Membakar lemak perut

Banyak anggapan bahwa salah satu cara untuk menghilangkan lemak perut adalah dengan melakukan olahraga Sit Up. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa Sit Up merupakan latihan untuk membentuk otot perut, bukan membakar lemak. Pada perut yang buncit, lemak bisa berada pada usus, dinding perut maupun di organ lain dalam rongga perut. Jadi jika hanya melakukan sit up untuk membakar lemak, maka bisa dikatakan ini adalah hal yang sia-sia. Sebaiknya kombinasikan diet tinggi protein dan seimbang dengan olahraga kardio dan angkat beban.** Baca juga: 8 Makanan yang Bantu Pangkas Lemak di Perut

Olahraga untuk mendapatkan berat badan ideal dengan membakar lemak memang tidak bisa sembarangan. Melakukannya harus sesuai dengan petunjuk ahli serta penerapan pola hidup sehat. Sampai saat ini, kombinasi latihan beban dan kardio terbukti efektif untuk membakar lemak di tubuh. Selain itu perlu diimbangi pula dengan menjaga asupan makanan sehat yang tinggi protein serta menghindari stress. Selamat mencoba, dan sehat selalu!

Sumber berita: https://kabar6.com/3-mitos-seputar-olahraga-yang-kurang-tepat/

https://sahabatartikel.co.id/

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *