Lama Olahraga Yang Dianggap Efektif

Lama Olahraga Yang Dianggap Efektif

Lama Olahraga Yang Dianggap Efektif

Salah satu kunci utama menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh manusia yaitu dengan berolahraga secara teratur. Akan tetapi banyak orang belum terlalu memahami bagaimana dan kapan saja waktu yang tepat untuk melakukan olahraga agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh tubuh. Menurut para ahli kesehatan, seseorang disarankan untuk olahraga setiap hari selama kurang lebih 30 menit agar tetap merasa bugar. Tidak perlu melakukan gerakan-gerakan berlebihan, cukup dengan senam ringan, berjalan, jogging, bersepeda ataupun berenang saja sudah lebih dari cukup.

U.S. Department of Health and Human Services sangat merekomendasikan agar seseorang mampu olahraga paling tidak selama 150 menit atau 75 menit setiap minggunya. Akan tetapi intensitas tersebut juga berdasarkan dengan keperluan diri sendiri, apakah hanya untuk menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan dan diet. Menurut Russell Pate, Ph. D selaku anggota penasehat pedoman diet di Amerika Serikat mengatakan apabila sudah berolahraga selama 30 menit tiap hari dan berat badannya masih bermasalah maka waktunya perlu ditingkatkan hingga 60 menit. Jadi bagi orang dengan berat badan normal hanya membutuhkan 30 menit saja sudah sangat cukup.

Baca artikel kami lainya mengenai: inilah olahraga extreme parkour memacu adrenalin

Jika Terlalu Lama Olahraga

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri untuk berolahraga karena bisa membuat tubuh kelelahan. Meskipun kebiasaan baik tersebut bisa membuat tubuh manusia menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya namun perlu diperhatikan mengenai durasinya. Olahraga terlalu lama malah memberikan dampak buruk bagi kesehatan, misalnya saja stress, otot kejang, dan menyebabkan overtraining. Kondisi tersebut bisa membuat seseorang kelelahan berkepanjangan, cidera sendi, otot, kehilangan motivasi, kualitas tidur buruk, dan kurangnya nafsu makan. Bahkan kekebalan tubuh akan berkurang serta mempengaruhi kepadatan tulang. Untuk meminimalisir dan mencegah overtraining maka sebaiknya tambahkan porsi waktu olahraga untuk memperkuat bagian tertentu saja, seperti lengan, perut, kaki, dan sebagainya.

Olahraga Bagi Para Pemula

Bagi sebagian orang yang belum terbiasa atau tidak pernah olahraga sama sekali memang cukup sulit menerapkan kebiasaan disiplin tersebut. 90 menit setiap hari merupakan waktu yang teramat lama sehingga bisa snagat membosankan. Oleh karena itu, mulailah dengan durasi yang pendek terlebih dahulu, misalnya saja 25 sampai denngan 30 menit selama 5 hingga 6 hari dalam seminggu. Ketika tubuh sudah mulai terbiasa maka tingkatkan waktu agar lebih lama menjadi 45 menit dan kemudian 90 menit setiap harinya. Sebelum melakukan aktivitas tersebut lakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot terasa lebih lemas dan tidak kaget. Setelah itu akhiri dengan pendinginan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit saja.

Bukan hanya jenis olahraga saja yang bisa mempengaruhi hasil, melainkan intensitas atau berapa lamanya seseorang melakukan olahraga tersebut. Meskipun olahraga setiap hari sangat bagus dan disarankan demi kesehatan tubuh namun perhatikan juga kebutuhan serta kondisi diri sendiri. Jangan terlalu memaksa jika tidak ingin mengalami cidera atau dampak negatif lainnya. Tubuh manusia mempunyai karakteristik dan keistimewaannya masing-masing sehingga tiap orang berbeda kebutuhannya. Jika belum pernah berolahraga maka lakukanlah 25 sampai 30 menit di awal sesi agar tubuh mulai terbiasa terlebih dahulu. Kemudian tingkatkan dan tambah durasinya secara perlahan agar kekuatan otot semakin meningkat. Selain itu, pilih jenis olahraga yang paling disenangi agar meningkatkan motivasi dan mencegah perasaan bosan, mosalnya seperti yoga, lari santai, berjalan, bersepeda, berenang, tangkasnet melatih otot di tempt gym, dan sebagainya.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/27/155700120/lama-olahraga-yang-dianggap-efektif

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *