Olahraga Lari saat di Car Free Day Tanpa Terengah-Engah? Ini Rahasianya

Olahraga Lari saat di Car Free Day Tanpa Terengah-Engah? Ini Rahasianya

Olahraga lari merupakan olahraga yang paling banyak diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Olahraga yang paling mudah untuk dilakukan, tanpa alat dan siapapun dapat melakukannya, dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu, tidak memerlukan tempat ayng khusus. Di kota-kota besar olahraga lari biasanya dilakukan tiap minggu sekali pada hari Minggu di Car Free Day. Namun bagaimana jika olahraga lari saat di Car Free Day terengah-engah, nafas terasa sangat pendek dan mudah lelah? Tentu saja membuat tidak nyaman dan enjoy.

Olahraga lari saat di Car Free Day

Berikut tipsnya melakukan olahraga lari saat di Car Free Day agar tidak terengah-engah :

1. Melakukan Pemanasan

Setiap melakukan olahraga, pemanasan adalah hal yang wajib dilakukan agar tidak merusak otot-otot. Olahraga lari pun sama, lakukan pemanasan selama 10 menit. Pemanasan ini berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Pemanasan dapat dilakukan dengan mengangkat tangan sambil mengatur nafas atau gerakan seputar otot bahu, leher, dan pergelangan tangan. Berkeringat pertanda bahwa tubuh Anda telah memanas dan siap untuk berolahraga.

2. Menggunakan Pernapasan yang Tepat

Pernapasan yang salah menjadi salah satu penyebab napas terengah-engah dan sesak. Menggunakan nafas panjang saat berlari akan membuat lebih cepat lelah. Namun jika terlalu dangkal juga tidak efektif untuk pertukaran udara. Cobalah bernapas dari perut, bukan dada. Caranya dengan berbaring telentang, bernapaslah dan rasakan gerakan yang naik turun. Atau dapat juga dilakukan dalam posisi diam, mulailah dengan menarik bernafas sepenuhnya lalu turunkan bahu secara perlahan sambil menghembuskan napas. Untuk memastikan pernapasan sudah tepat, sentuhlah perut Anda, jika perut bergerak naik turun maka pernapasan Anda telah benar.

3. Latihan Beban

Stamina juga hal yang penting selain teknik pernapasan yang tepat tentunya. Untuk meningkatkan stamina lakukanlah latihan beban. Latihan angkat beban dan kardio merupakan dua latihan yang berbeda, namun keduanya bermanfaat bagi tubuh Anda. Keduanya dapat menjaga kebugaran ataupun menurunkan berat badan. Melakukan latihan beban dapat meningkatkan stamina untuk mendapatkan kekuatan. Berlari bukan hanya kardiovaskular, melainkan memberikan kekuatan pada kaki saat berlari

Baca juga artikel kami mengenai: inilah khasiat ikan tuna bagi kesehatan manusia

4. Interval Lari

Berlari dengan metode interval akan meningkatkan detak jantung secara konstan. Sisi positif dari latihan interval yang lain adalah dapat mengurangi ketegangan, kecemasan, dan meningkatkan stamina Contoh latihan interval lari yaitu berlari cepat selama dua menit diikuti gerakan berjalan kaki selama dua menit juga. Anda harus berlari dan berjalan pada waktu yang sama.

5. Mendengarkan Musik

Musik tidak hanya dapat meningkat mood, tetapi juga dapat digunakan saat berolahraga untuk membantu memotivasi Anda untuk terus bergerak. Memilih tempo lagu untuk olahraga dengan tempo yang tepat dapat meningkatkan pengaruh positif dalam berolahraga lari. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi gerakan dan memperkuat ketahanan saat berolahraga. Mendengarkan lagu dengan tempo yang lambat akan mengurangi kecepatan detak jantung Anda. Tempo lagu yang cepat cocok untuk olahraga dengan intensitas yang tinggi.

6. Piyometrix

Gerakan piyometrix dapat membangun otot bawah dan atas, berupa lompatan, squat, dan burpee. Piyometrix termasuk gerakan eksplosif untuk mengembangkan kekuatan otot. Latihan judi online ini untuk meningkatkan kekuatan kardiovaskular, stamina, dam kekuatan di kaki Anda

Itulah enam rahasia agar olahraga lari saat di Car Free Day Anda nyaman, happy, dan tentu saja napas tidak terengah-engah. Berlatihlah secara rutin agar terbiasa dan terbebas dari gangguan sesak napas saat berolahraga lari.

Semoga bermanfaat!

Sumber: http://wartakota.tribunnews.com/2018/07/05/terengah-engah-saat-olahraga-lari-di-car-free-day-cegah-pakai-cara-ini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *