Tidak Perlu Alat Khusus Panduan Olahraga Kardio 20 Menit

Tidak Perlu Alat Khusus Panduan Olahraga Kardio 20 Menit

Tidak Perlu Alat Khusus Panduan Olahraga Kardio 20 Menit

Siapa bilang orang yang teramat sangat sibuk akan pekerjaan atau kegiatan sehari-hari tidak bisa melakukan olahraga secara teratur? Kebiasaan yang satu ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit serta tetap bugar. Meskipun begitu masyarakat masih saja lupa atau tidak memperdulikan akan manfaat besar yang dihasilkan ketika rajin olahraga.

Di sela jadwal yang begitu padat, seseorang bisa melakukan olahraga dengan benar hanya selama 20 menit saja setiap harinya. Salah satunya dengan melakukan kardio yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, aliran darah, serta organ tubuh lainnya. Pada dasarnya olahraga kardio dibedakan menjadi berbagai macam jenis, seperti lari, berenang, senam aerobic, bulu tangkis, sepak bola, dan lain sebagainya. Intinya adalah gerakan-gerakan yang memacu kerja jantung agar lebih cepat sehingga keringat akan keluar lebih banyak daripada biasanya.

Kardio sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti jantung, paru-paru, dan organ lain. Selain itu juga cocok bagi seseorang yang ingin menjaga kebugaran serta membakar kalori atau menurunkan berat badan. Hal ini disampaikan oleh American College of Sports Medicine jika olahraga kardio baik dilakukan selama kurang lebih 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Apabila terlalu lama maka bisa dikurangi menjadi 20 menit saja selama 3 hari seminggu. Tidak perlu harus melakukan olahraga di tempat fitness karena ada banyak sekali jenis gerakan kardio tanpa menggunakan alat.

Baca artikel kami mengenai: tragis remaja ini tewas terjatuh dari gedung usai latihan atraksi parkour

Berikut ini beberapa panduan olahraga kardio yang benar:

Panduan pertama

1. Stationary sprinters, lari di tempat dengan gerakan cepat (20 detik).
2. Squat thrust, mengangkat dua tangan ke atas, ubah gerakan menjadi posisi push up, ulangi beberapa kali (20 detik).
3. Boxer stance, posisi menyamping, kepal tangan depan dada, lompat kecil maju dan mundur bertumpu pada kaki (10 detik).
4. Spider-Man mountain climber, posisi push up, majukan satu kaki dengan posisi sejajar pinggang, ulangi dengan kaki bergantian (20 detik).
5. Criss-cross pickup, melompat sambil menyilangkan kaki, ambil posisi membungkuk dan tangan menyentuh lantai bergantian (20 detik).
6. Power plank, posisi push up, angkat bagian tubuh belakang semakin tinggi sehingga kaki perlahan maju (20 detik).
7. Ulangi rangkaian olahraga kardio di atas sebanyak delapan kali agar durasi total waktunya menjadi 20 menit.

Panduan kedua

1. Squat thrusts, posisi berdiri, kemudian berjongkok dengan tangan menyentuh lantai, lalu ambil posisi push-up dan ulangi (1 menit, diikuti istirahat 1 menit)
2. High Knee, lari kecil di tempat dan usahakan posisi lutut sejajar dengan pinggang (1 menit, diikuti istirahat 1 menit).
3. Walk out with jump squat, posisi berjongkok dan posisi tangan menyentuh lantai kemudian berjalan maju perlahan seperti merangkak, lalu melompat (1 menit, diikuti istirahat 1 menit).
4. Mountain climbers, posisi push up kemudian majukan satu kaki dengan posisi sejajarpinggang, ulangi secara bergantian kaki (1 menit, diikuti istirahat 1 menit).
5. Ulangi rangkaian olahraga kardio di atas sebanyak empat kali saja agar durasi total waktunya menjadi 20 menit.

Itulah panduan mengenai olahraga kardio yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun asalkan total durasi waktunya 20 menit dalam sehari. Pastikan selalu rutin menerapkan kebiasaan tersebut agar tubuh menjadi terbiasa dan merasa lebih bugar. Bagi mereka yang belum pernah berolahraga sama sekali, bisa kurangi waktunya menjadi 15 menit saja asalkan rutin setiap hari selama satu minggu. Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh merasa kaget karena belum pernah melakukan gerakan berat sama sekali. Apabila scoreqq sudah mulai terbiasa dan otot melemas maka tingkatkan intensitas waktunya menjadi 20 menit bahkan 30 menit dalam sekali latihan.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/26/152637120/panduan-olahraga-kardio-20-menit-tidak-perlu-pakai-alat-khusus

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *