Kelebihan Dan Kekurangan Tesla Model 3


Bagi sebagian orang, mobil listrik seperti Tesla Model 3 masih terasa asing di telinga. Padahal mobil satu ini memiliki beberapa keunggulan di beberapa bagiannya. Namun dibalik itu juga ada beberapa kekurangan yang ada pada kendaraan tersebut.

Sebagai informasi, Harga Tesla Model 3 ini masih cukup terjangkau dengan kisaran harga 1,5 miliar hingga 3 miliar rupiah. Jenis mobil ini sejak peluncuran di tahun 2016 hingga 2018 tembus 100 ribu.

Pengetahuan akan hal ini sangat bermanfaat ketika kamu punya keinginan untuk membeli kendaraan tersebut. Lantas apa saja kekurangan yang ada pada mobil ini? Yuk simak ulasan berikut

Kelebihan Tesla Model 3

Ada beberapa kelebihan yang ada pada mobil listrik ini dan berikut ulasan selengkapnya:

1. Ramah Lingkungan

Mobil listrik seperti Tesla dikenal sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Hal ini karena laju kendaraan ini mekanismenya menggunakan daya listrik. Dengan daya ini kendaraan ini menghasilkan residu yang berupa Co2 dan Co.

Jenis kendaraan ini jelas berbeda dengan mobil jenis lain yang bahan bakarnya bensin, Pertalite atau Pertamax. Jika bahan bakarnya seperti ini akan mencemari udara dan tidak baik untuk kesehatan.

2. Biaya Servisnya Lebih Hemat

Mobil yang menggunakan bahan bakar listrik jelas lebih hemat uang sehingga biaya perawatannya lebih hemat. Dikatakan demikian karena kamu tidak perlu ganti oli, koil, air radiator, oli dan lainnya.

Umumnya jenis mobil ini proses servisnya hanya perlu rotasi ban, penggantian filter udara kabin dan lainnya. Proses seperti ini umumnya akan didatangi langsung oleh pihak yang melakukan servis mobil tersebut.

Selain kelebihan itu, mobil ini juga dalam sekali isi daya bisa digunakan untuk ratusan kilometer. Selain itu dari sisi kabin juga terlihat senyap, nyaman sehingga membuat pengendara tenang di dalamnya.

Kekurangan Mobil Tesla

Dibalik kelebihan yang ada pada mobil listrik juga ada beberapa kekurangan dan berikut ulasannya:

1. Stasiun Isi Daya Belum Banyak

Dengan daya listrik otomatis dibutuhkan stasiun untuk pengisian listrik di beberapa tempat. Namun hal ini yang menjadi kendala hingga saat ini sehingga masyarakat yang akan membeli masih ragu ke mobil listrik ini.

Pengisian listrik hingga saat ini hanya ada 31 stasiun pengisian bakar listrik di seluruh Indonesia. Karena langkanya stasiun listrik jelas akan menjadi beban pikiran ketika sedang touring atau roadtrip ke daerah tertentu.

2. Pengisian Dayanya Lama

Ketika daya listrik sudah mau habis maka harus diisi terlebih dahulu sebelum menggunakan mobil ini. Proses isi daya ini butuh waktu yang lama bahkan hingga berjam-jam.

Pengisian yang seperti ini jelas tidak efisien dari segi waktu. Hal ini jelas berbeda dengan mobil konvensional yang yang hanya butuh waktu sebentar saat mengisi bahan bakar di berbagai tempat.

3. Harga Mobilnya Mahal

Meski menggunakan listrik tetapi dari segi harga mobil masih tergolong mahal. Untuk Tesla yang termurah di Indonesia rata-rata harga pasarannya sekitar 600 jutaan rupiah.

Selain kekurangan yang disebutkan di atas, harga baterai untuk mobil Tesla ini masih terbilang mahal. Hal ini karena belum banyak yang menggunakan sehingga ketersedian barang masih tergolong langka.

Secara keseluruhan untuk kamu yang ingin lebih hemat biaya servis dan ramah lingkungan maka mobil Tesla ini bisa jadi pilihan. Namun di balik itu perlu dipikirkan juga karena stasiun pengisian dayanya masih langka.

0 komentar