Manfaat Buah Kurma untuk Darah Tinggi

04.28
Manfaat Buah Kurma untuk Darah Tinggi

Sudah pernah dengar belum ampuhnya manfaat buah kurma untuk darah tinggi? Mitos atau fakta ya? Kondisi meningkatnya tekanan darah seringkali dianggap sepele oleh masyarakat. Mereka menganggap bahwa gangguan ini hanya karena pikiran yang sedang stres ataupun tegang. Padahal lebih dari itu.

Tekanan darah tinggi sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit. Mulai dari penyakit jantung koroner, kegagalan ginjal dan jantung, stroke, serta beragam penyakit berbahaya lainnya.

Baca juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Darah Tinggi

Maka dari itu sangat penting menjaga kestabilan tekanan darah dengan mengontrolnya agar tidak meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah kurma ataupun sari kurma. Beragam manfaat buah kurma untuk darah tinggi ini tentu akan membuat kondisi tubuh lebih sehat. Berikut penjelasannya.

Manfaat Buah Kurma untuk Darah Tinggi 

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki kandungan potasium, mineral dan juga serat yang tinggi. Selain itu, terkandung juga senyawa magnesium yang mampu melemaskan otot jantung maupun pembuluh darah. Hal ini bisa mengakibatkan tekanan darah menjadi lebih terkontrol dan stabil.

Manfaat sari kurma inipun dibenarkan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Hardiansyah MS terkait manfaatnya untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Beliau menjelaskan bahwa buah kurma mengandung tinggi kalium yang mampu menekan garam atau natrium pada penderita tekanan darah tinggi.

Sehingga untuk menekan kadar natrium yang tinggi, penderita hipertensi perlu mengonsumsi lebih banyak senyawa kalium. Nah, untuk mendapatkan kalium ini Anda bisa mengonsumsi sekitar 5 buah kurma setiap harinya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kecukupan kalium pada tubuh dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Bahkan menurut penelitian di Inggris yang dimuat dalam jurnal National Center for Biotechnology Information juga menyatakan mengenai manfaat kurma.

Di sini dijelaskan jika mengonsumsi kurma secara rutin bisa mengurangi resiko PJK atau penyakit jantung koroner. Selain itu, kurma bisa memicu kolesterol terangkat dari pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi lancar. Secara otomatis kesehatan jantung juga akan terjaga dengan baik.

Sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba konsumsi sari kurma demi jantung yang sehat. Tentu mengonsumsi dengan tujuan pencegahan akan lebih baik dibandingkan pengobatan bukan? Apalagi mengingat manfaat buah kurma untuk darah tinggi sangatlah ampuh dalam mendukung pengobatan medis.

1 komentar: