Giveaway merupakan strategi promosi terbaik yang bisa membantu brand awareness suatu bisnis meningkat. Tentunya ada strategi giveaway terbaik dan menarik yang perlu Anda lakukan agar tujuan yang sebenarnya dapat tercapai.
Tujuan utama program giveaway adalah memberikan hadiah gratis dengan persyaratan tertentu kepada konsumen. Pelajari giveaway secara lebih lengkap dalam penjelasan kali ini.
Pengertian Giveaway & Manfaatnya
Giveaway merupakan kegiatan memberikan hadiah gratis kepada konsumen untuk meningkatkan brand awareness. Sebenarnya ada banyak manfaat lain dari giveaway, seperti berikut ini.
- Giveaway bisa membangun basis konsumen hingga mengubahnya menjadi pelanggan tetap.
- Secara perlahan brand awareness suatu bisnis akan mengalami peningkatan berkat giveaway yang menarik banyak konsumen.
- Jangkauan produk akan semakin besar yang giveaway bisa membuat produk yang ingin dipromosikan lebih dikenal banyak pengguna sosmed.
Jenis-jenis Giveaway
Pemilik bisnis dalam skala besar atau kecil sering menggunakan dua jenis giveaway. Sayangnya tidak semua pebisnis memanfaatkan giveaway untuk mempromosikan produknya, tetapi tetap perhatikan jenis-jenisnya berikut.
- Pertama ada self giveaway yang mengharuskan pemilik bisnis mengurus perencanaan hingga eksekusi sendiri tanpa bantuan pihak ketiga pada umumnya.
- Sponsor giveaway artinya kegiatan bagi-bagi hadiah termasuk tanggungan pihak ketiga yang membantu memperlancar proses promosi.
Tips Melakukan Giveaway di Media Sosial
Giveaway bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk memasarkan produk yang dimiliki agar semakin banyak yang mengetahui. Namun ada beberapa tips maupun strategi giveaway sebagai berikut.
1. Tentukan Tujuan
Sebaiknya tentukan tujuan awal mengadakan giveaway agar tidak terjebak keinginan untuk selalu meningkatkan metrik. Daripada meningkatkan satu metrik, sebaiknya mengambil langkah mundur agar konten lebih terfokus.
2. Siapkan Hadiah untuk Giveaway
Penting juga untuk menyiapkan hadiah bagi pemenang giveaway nantinya. Ada baiknya untuk memilih hadiah yang relevan dengan bisnis yang dijalani, nilai hadiah yang semakin tinggi tentu membuka banyak peluang.
3. Pilih Platform yang Cocok
Sosial media sekarang sudah bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kegiatan, salah satunya giveaway. Namun perlu memilih platform giveaway yang tepat agar produk jauh lebih terkenal.
4. Terapkan Aturan untuk Berpartisipasi
Aturan bagi peserta yang ingin berpartisipasi juga tidak kalah penting. Aturan tersebut bisa meliputi batas usia minimal dan maksimal yang bisa mengikuti giveaway serta kenakan sanksi bagi yang melanggar.
5. Promosikan Giveaway nya
Setelah semua strategi giveaway terpenuhi, selanjutnya memastikan banyak orang tahu kegiatan tersebut. Semakin banyak yang ikut giveaway, maka semakin banyak yang mengenal produk Anda.
Gimana tertarik untuk melakukan strategi giveaway demi mendongkrak penjualan yang maksimal? Jika masih ragu atau bingung cara memulainya langsung saja hubungi BDD Agency.
BDD Agency adalah service yang tepat karena sudah menangani 800 lebih klien dengan berbagai tujuan. Pastinya semua ini melalui pengerjaan tim profesional yang sudah dibuktikan dengan sertifikasi terkait bidangnya.
0 komentar