Tips Merawat Gigi Palsu agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan


Tahukah Anda jika penggunaan gigi palsu ternyata bisa berisiko buruk pada kesehatan gigi dan mulut? Resiko tersebut tentu tidak dialami oleh setiap penggunanya. Melainkan hanya terjadi jika penggunaannya tidak dibarengi perawatan yang tepat. Oleh sebab itulah, sangat penting mengetahui bagaimana tips merawat gigi palsu secara baik dan benar.

Dengan perawatan yang tepat, pastinya gigi palsu akan terhindar dari infeksi bakteri dan plak penyebab gangguan kesehatan mulut. Seperti halnya timbul bau mulut, sariawan, penyakit gusi, infeksi, serta gangguan lain di area mulut. Sehingga sangat disarankan agar para pemakai gigi palsu menerapkan perawatan yang tepat seperti berikut.

Tips Merawat Gigi Palsu

Di bawah ini ada beberapa tips merawat gigi palsu yang harus diketahui dan diterapkan oleh orang yang memakainya.

1. Melepas dan Membersihkan Gigi Palsu setelah Makan

Salah satu cara untuk mencegah gigi palsu menjadi sarang bakteri dan kuman, yaitu Anda perlu membersihkannya secara rutin. Waktu yang tepat untuk membersihkannya adalah setiap selesai makan. Anda dapat membersihkannya menggunakan sikat dengan bulu halus, serta pasta gigi khusus untuk gigi palsu.

2. Rendam Gigi Palsu Tiap Malam atau Ketika Tidak Dipakai

Tips yang harus Anda perhatikan dalam merawat gigi palsu selanjutnya adalah dengan merendamnya saat malam dan tidak digunakan. Tujuan dari tips ini adalah untuk menjaganya supaya tetap lembap dan beresiko kehilangan bentuknya.

Anda dapat merendam gigi palsu menggunakan campuran air dan larutan pembersih khusus untuk gigi palsu. Biarkan semalaman, lalu bersihkan kembali jika ingin Anda gunakan. Hindarilah merendamnya pada air panas yang bisa mengakibatkan mengalami kerusakan.

3. Berhati-hati Ketika Memegang

Kesalahan memegang hingga jatuh atau terbentur bisa mengakibatkan gigi palsu menjadi patah ataupun pecah. Terkadang hal ini terjadi saat gigi palsu dicuci dan ditaruh di tempat licin. Sering kali gigi palsu akan terjatuh, sehingga perlu Anda lapisi handuk atau menggunakan wadah.

4. Hindari Penggunaan Pasta Gigi Biasa

Ketahuilah bahwa untuk membersihkan gigi palsu sangat disarankan menggunakan pasta gigi khusus. Karena pasta gigi biasa memiliki sifat abrasif yang mampu menimbulkan goresan atau lubang kecil pada permukaan gigi palsu. Selain itu, hindari juga menggunakan bahan pemutih gigi asli untuk digunakan pada gigi palsu.

5. Hindari Makanan Panas dan Bertekstur Keras

Mengonsumsi makanan atau minuman yang panas dan memiliki tekstur keras sangat tidak disarankan bagi pemakai gigi palsu. Begitu pula dengan makanan kenyal seperti permen karet. Jika khawatir, Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau melalui Halodoc untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang bisa dikonsumsi.

6. Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut

Bukan hanya kebersihan gigi palsu saja, tetapi Anda juga harus memperhatikan kebersihan mulut dan gigi asli. Sebaiknya, rutinlah menggosok gigi dan mulut 2x dalam sehari agar penggunaan gigi palsu juga menjadi lebih lama.

7. Mengunjungi Dokter Gigi secara Rutin

Perawatan gigi palsu yang tidak boleh Anda lewatkan adalah selalu rutin mengecek kesehatan gigi. Setidaknya diperlukan 2 kali dalam setahun untuk memeriksa dan membersihkan gigi Anda. Pengecekan rutin juga dimaksudkan agar dokter mengetahui kondisi gigi palsu apakah masih layak pakai atau tidak.

Mengetahui tips merawat gigi palsu di atas dapat meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan mulut. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi Mydents Dental Care Bintaro Sektor 9. Anda juga dapat berkonsultasi secara online melalui Halodoc sebagai layanan kesehatan pilihan. Anda bisa memilih dokter gigi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan perawatan gigi.

0 komentar