Manfaat Buah Kersen untuk Darah Tinggi

04.34
Manfaat Buah Kersen untuk Darah Tinggi

Pernahkah Anda mendengar nama buah kersen atau yang biasa disebut dengan tanaman talok? Tahukah Anda seberapa besar manfaat buah kersen untuk darah tinggi? Tanaman ini sering kita lihat tumbuh di area halaman atau pinggir-pinggir jalan dengan daun dan pohon yang begitu rindang. Buahnya berbentuk kecil kecil dengan rasa yang begitu manis.

Namun jika membahas mengenai manfaatnya ada banyak orang tidak mengetahuinya. Salah satunya yakni manfaat buah kersen untuk darah tinggi sebagai pengobatan alami. Namun faktanya banyak orang mengabaikan khasiatnya karena dianggap tidak terlalu penting.

Baca juga: Manfaat Buah Timun untuk Darah Tinggi

Khasiat tanaman talok ini bisa diambil dari bagian buah dan daunnya. Karena di bagian tanaman tersebut mengandung berbagai nutrisi yang efektif untuk pengobatan tekanan darah tinggi. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai khasiat tersebut, sebaiknya perhatikan penjelasan di bawah ini!

Manfaat Buah Kersen untuk Darah Tinggi

Buah kersen memiliki banyak manfaat dalam pencegahan dan pengobatan alami darah tinggi. Pernyataan ini juga dipublikasikan oleh para ahli di di American Journal of Clinical Nutrition, terkait penanganan hipertensi dengan tanaman kersen. Para ahli menyatakan jika meminum satu gelas jus kersen secara rutin, manfaat daun kersen ini akan sangat positif.

Karena resiko tekanan darah tinggi bisa menurun hingga 7%, serta faktor resiko penyakit lain seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Nutrisi yang terkandung dalam buah kersen mampu menetralisir dan menstabilkan tekanan darah. Nutrisi tersebut antara lain seperti air, karbohidrat, serat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, riboflavin, karotin, dan juga kandungan niacin.

Selain itu, ada kandungan penting lain dalam buah maupun daun kersen yaitu vitamin A, vitamin C, saponin, steroid, dan juga kandungan flavonoid. Ada juga kandungan senyawa yang memberikan efek positif bagi penderita tekanan darah tinggi. Senyawa tersebut adalah nitric oxide yang merupakan bahan kimia dari bahan-bahan alami.

Fungsi dari kandungan kimia ini adalah melemaskan pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lancar. Hal ini tentu akan menghindarkan tubuh dari terjadinya kerusakan jantung. Jika sampai otot jantung mengalami kerusakan permanen, tentu akan mengganggu kinerja organ lain termasuk memicu darah tinggi.

Inilah pentingnya mengapa Anda harus mengonsumsi buah kersen untuk mengontrol tekanan darah. Sebaiknya konsumsi buah kersen ini sejak awal sebelum menderita darah tinggi, ataupun sebelum gejalanya parah.

Hindari mengonsumsinya setelah mengalami tekanan darah tinggi atau gejala yang sedang kambuh. Karena pastinya hasil konsumsi akan menjadi kurang maksimal dan tidak efektif dalam menurunkan tekanan darah. Sehingga jangan melewatkan manfaat buah kersen untuk darah tinggi.

0 komentar