Cari Tahu Yuk, Ini Dia Jenis-Jenis Bahan Kanvas Yang Ada Di Pasaran


Bahan kanvas adalah salah satu jenis bahan yang memiliki karakter berserat. Serat kain yang dimiliki oleh bahan kanvas cukup juga tebal. Hal tersebut menjadikan bahan kanvas jadi bahan yang cukup kuat dan tidak mudah rusak. 

Melihat dari karakteristik tersebut, pernahkah Anda membayangkan bahwa bahan tersebut berasal dari jerami? Faktanya, bahan kanvas mulanya berasal dari jerami, Pantas ya tekstur nya sedikit kasar. 

Seiring dengan perkembangannya kini bahan kanvas mengalami banyak perubahan. Bahan kanvas sangat mudah ditemukan sebagai perpaduan antara bahan katun dan linen. Selain itu, bahan kanvas juga banyak ditemukan sebagai perpaduan bahan sintetis polyester. 

Dari banyak perpaduan, kini Anda bisa mengetahui bahwa bahan kanvas memiliki berbagai jenis loh, berikut diantara jeni-jenis bahannya, simak yuk !

Jenis-jenis bahan kanvas 

Bahan kanvas blacu 

Pertama ada bahan kanvas blacu yang memiliki karakteristik kasar dan juga sedikit keras. Karena karakteristiknya yang  keras dan kasar jenis bahan kanvas blacu ini sering dikenal sebagai bahan kanvas unfinished. Jenis bahan ini  memiliki harga jual termurah dibanding bahan kanvas lainnya. 

Bahan baby kanvas

Berbeda dengan bahan kanvas blacu yang agak kasar bahan baby kanvas ini memiliki karakteristik yang lebih halus. Ketika sudah digunakan bahan ini akan memberikan kesan lebih  ‘jatuh’. Selain itu, perbandingan antara bahan kanvas blacu dan baby kanvas juga terlihat dari karakteristik lainnya seperti tingkat kelenturan. Baby kanvas jauh lebih lentur dari kanvas blacu sehingga cocok untuk di buat menjadi pakaian, tas dan lainnya.

Bahan kanvas sueding

Kanvas sueding adalah jenis bahan kanvas yang memiliki karakteristik berbeda dengan kedua jenis bahan sebelumnya. Tidak sekasar kanvas blacu namun sedikit lebih tebal dari baby kanvas. Tidak hanya lebih tebal, mereka juga memiliki tekstur yang berbeda, kanvas sueding memiliki tekstur yang lebih mudah dilihat. Kelebihan dari kanvas sueding adalah karakteristiknya yang tetap lembut ketika disentuh. Karena itu, jenis bahan kanvas ini masih cocok untuk dijadikan jaket. 

Bahan kanvas marsoto

Selanjutnya ada bahan kanvas  marsoto yang memiliki tekstur lebih kasar dibandingkan baby kanvas dan kanvas sueding. Kendati demikian jenis kanvas marsoto ini lebih kuat dan tidak mudah sobek karena bahannya lebih rapat dan tebal. 

Sayangnya bahan kanvas marsoto ini tidak memiliki banyak pilihan warna seperti bahan kanvas lainnya. Pantas saja harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan bahan kanvas lainnya. 

Bahan kanvas polyester 

Terakhir ada bahan kanvas polyester. Sesuai dengan namanya bahan kanvas polyester ini merupakan perpaduan dengan bahan polyester murni. Bahan kanvas polyester tidak banyak digunakan untuk bahan dasar pakaian karena teksturnya yang kasar. Selain itu jenis bahan ini juga akan panas ketika digunakan. 

Biasanya jenis bahan kanvas polyester lebih cocok untuk dibuat menjadi tas atau topi. 

Itulah jenis bahan kanvas yang bisa dengan mudah Anda temukan di pasaran. Kini Anda akan lebih mudah dalam memilih jenis bahan apa yang akan digunakan ketika ingin membuat pakaian dan lainnya.

0 komentar