Manfaat Buah Timun untuk Darah Tinggi

04.31
Manfaat Buah Timun untuk Darah Tinggi

Manfaat buah timun untuk darah tinggi memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Buah tersebut memiliki kandungan nutrisi yang begitu tinggi, sehingga mampu menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Kondisi ini terjadi jika tekanan darah makin meningkat hingga lebih dari 140/90 mmHg. Salah satu penyebab yang seringkali melatarbelakangi gangguan ini adalah pola makan yang buruk. Apabila kenaikan tekanan darah tersebut tidak segera dikontrol, tentu efeknya akan membahayakan kesehatan.

Baca juga; Manfaat Buah Kurma untuk Darah Tinggi

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda memprioritaskan perbaikan pola makan. Salah satunya dengan menambah asupan buah timun yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah.

Manfaat Buah Timun untuk Darah Tinggi

Dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi, buah timun memiliki senyawa yang secara efektif bekerja. Senyawa dalam timun ini bekerja layaknya obat tekanan darah tinggi  ACE inhibitor. Efeknya, protein angiotensin I yang terkandung dalam darah menjadi terhambat dan gagal melakukan penyempitan pembuluh darah.

Seperti yang dijelaskan The American Heart Association (AHA) terkait konsumsi timun yang mampu mencegah kolesterol tinggi. Meningkatnya kolesterol ini bisa menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah. Manfaat ini bisa didapatkan oleh adanya kandungan serat yang tidak secara langsung berfungsi mengontrol tekanan darah.

Untuk itulah timun memiliki manfaat dalam masalah cardiovaskuler. Dalam satu porsi timun seberat 50 gram terkandung kurang lebih 80 gram kalium. Sistem kerja kalium ini adalah dengan memperlebar pembuluh darah atau membuatnya melakukan relaksasi. Hasilnya tekanan darah akan menurun secara perlahan.

Selain itu, kalium yang terkandung di dalam buah timun juga mampu mempertahankan kadar sodium dalam tubuh. Tujuannya adalah mencegah terjadinya aterosklerosos yang memiliki pengaruh cukup besar dalam mengatur tekanan darah.

Untuk itulah mengapa Anda perlu mengonsumsi buah mentimun secara rutin. Anda bisa mengonsumsinya dalam berbagai olahan. Misalnya saja lalapan, es mentimun, ataupun dimakan secara langsung. Selain itu, cara mengolah timun untuk darah tinggi juga bisa sebagai minuman infused water.

Jadi jangan menganggap kehadiran timun di menu makanan hanya sebagai hiasan atau pajangan. Justru kehadiran timun ini melengkapi kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, mulai sekarang jangan malas untuk mengonsumsi buah timun. Apalagi mengingat manfaat buah timun untuk darah tinggi yang sangatlah efektif.

0 komentar